Follow Us

Awas, Modus Phishing Apple ID dengan Kedok Layanan Berlangganan

Bagus Hernawan - Kamis, 01 Maret 2018 | 10:34
Awas, Modus Phishing Apple ID dengan Kedok Layanan Berlangganan

Kejahatan Phishing Apple ID kembali marak terjadi kepada sejumlah pengguna produk Apple. Jika sebelumnya banyak yang berkedok peringatan untuk ganti password Apple ID, kini ada cara baru yang dimanfaatkan para penjahat di dunia maya. Yaitu mengirimkan email yang sangat mirip dengan bukti pembelian (Receipt) atau konfirmasi layanan berlangganan.

Dalam contoh gambar di bawah, kamu dapat melihat bahwa tampilannya sangat mirip dengan informasi asli dari Apple. Namun biasanya ada beberapa cara mudah untuk mendeteksi kejanggalan di email tersebut. Salah satunya adalah tautan atau teks yang tidak ditulis dengan benar, beberapa kesalahan penulisan ejaan dan juga banyak lainnya.

Nominal harga yang dipasang pada bukti pembelian atau berlangganan tersebut juga terlihat sangat mahal. Ya, pembuat email tersebut sengaja memancing rasa takut pengguna akan pembelian konten yang mahal dan ingin segera membatalkan prosesnya. Jika menekan tautan yang ada di email tersebut, pengguna akan diarahkan ke sebuah website yang mirip dengan iCloud.com atau layanan lain dan diminta memasukkan beberapa data pribadi – ini yang disebut proses Phishing.


Baca Juga:


Tips Menghindari Phishing

Laman Apple Support punya cara lengkap dan mudah dilakukan untuk menghindari pengguna mengalai penipuan serupa. Mulai dari melihat alamat email pengirim, konten apa saja yang ada di dalamnya dan menjelaskan bahwa Apple tidak akan pernah meminta data pribadi pengguna secara terbuka seperti Social Security Number (nomor kartu identitas), nomor kartu kredit dan data keamanan serta data sejenisnya.

If you receive an email about an App Store or iTunes Store purchase, and you’re not sure whether it is real, you can look for a couple of things that can help confirm that the message is from Apple.

Genuine purchase receipts—from purchases in the App Store, iTunes Store, iBooks Store, or Apple Music—include your current billing address, which scammers are unlikely to have. You can also review your App Store, iTunes Store, iBooks Store, or Apple Music purchase history.

Pengguna Apple ID juga disarankan untuk melakukan update informasi pembayaran hanya melalui fitur pengaturan di perangkat iOS. Sedangkan untuk mengubah password akun, bisa dilakukan lewat aplikasi Settings di perangkat iOS atau melaui laman appleid.apple.com. Apple jgua menjelaskan bahwa pengguna bisa melaporkan setiap kejahatan phishing atau email yang tidak jelas dan mengancam akun Apple ID ke alamat reportphishing@apple.com.


5 Tips Agar Terhindar Dari Kejahatan Phishing Apple ID


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest