Follow Us

Logitech Mengenalkan Crayon, Alternatif Murah Untuk Apple Pencil

Alexius Aditya - Kamis, 29 Maret 2018 | 15:16
Logitech Mengenalkan Crayon, Alternatif Murah Untuk Apple Pencil

Logitech secara resmi mengenalkan sebuah stylus yang dinamakan Logitech Crayon, lengkap dengan hampir semua teknologi yang dimiliki oleh Apple Pencil seperti palm rejection, sub-pixel accuracy dan tilt support. Hanya satu fitur yang sepertinya tidak diadopsi oleh Crayon yaitu dukungan pressure-sensitivity atau sensitif terhadap tekanan. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Sementara Pencil dijual seharga $99, Crayon dijual dengan harga yang hampir 50% lebih murah, yaitu seharga $49.

Crayon tidak sama dengan stylus murahan yang biasa kamu temukan di Amazon atau toko online lainnya. Apple dan Logitech bekerja sama untuk menciptakan stylus yang bisa menjadi lawan dari Pencil di segala hal, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Desain dari Crayon juga berbeda dari Pencil milik Apple. Crayon mempunyai bentuk yang pipih, tidak bulat seperti Pencil, menjadikannya lebih aman ketika diletakkan diatas meja. Tidak hanya itu, desainnya dibuat ramah bagi anak kecil. Ujung Crayon dibungkus dengan plastik yang hanya dapat dilepas menggunakan alat khusus. Sedangkan di ujung lain, tutupnya tersambung ke badan Crayon sehingga tidak dapat terlepas dan hilang.

Dari segi kompatibilitas, berdasarkan pengumuman pada acara kemarin, Crayon hanya bisa digunakan untuk iPad generasi keenam dan iPad terbaru saja. Dan karena Crayon menggunakan koneksi dengan frekuensi wireless yang spesial, bukan teknologi bluetooth lagi, maka ada kemungkinan Crayon tidak dapat digunakan pada iPad Pro generasi sekarang.

Logitech Crayon is the first digital pencil designed for the new iPad and leverages technology found in Apple Pencil to deliver sub-pixel precision, low latency and support for tilt in a design that’s perfect for students. iPad features palm rejection technology and can tell the difference between Logitech Crayon and a hand resting on the display so students can write and draw naturally, just as they would with traditional pencil and paper.

Hal lain yang menurut saya menarik adalah Crayon memiliki port female Lightning, yang berarti kamu bisa mengecasnya dengan menggunakan kabel Lightning milikmu, sama dengan yang kamu pakai untuk mengecas iPad tanpa menggunakan adaptor tambahan. Baterainya akan bertahan selama 8 jam dalam satu kali pengecasan.

Pada Crayon terdapat satu tombol yang dapat kamu gunakan untuk menghubungkan ke iPad. Tekan dan tahan tombol selama 2 detik untuk membuat Crayon terkoneksi dengan iPad. Crayon juga memiliki sebuah lampu led yang berguna untuk memberi tahu pengguna ketika Crayon siap untuk digunakan. Lampu tersebut akan menyala merah jika baterai hampir habis.


Baca Juga:

Dilain sisi, Apple mengumumkan bahwa mereka akan menjual Pencil dengan harga lebih murah untuk alasan edukasi, seharga $89. Walaupun jika dibandingkan dengan harga Crayon, harga tersebut memang masih terbilang mahal. Sayangnya belum ada penjelasan dari Logitech mengenai kapan Crayon akan dirilis resmi untuk publik. Lewat iklannya, Logitech kemungkinan hanya akan menjual Crayon ke sekolah-sekolah menggunakan program edukasi milik Apple.

Ada juga versi baru dari Rugged Combo Case, yang juga termasuk barang eksklusif untuk tujuan edukasi. Kelebihan dari case ini adalah adanya fitur spill resistant dan pry resistant untuk aksesoris. Selain itu, case ini dapat dipakai menggunakan keyboard dan melakukan cas dalam satu waktu yang sama. Case ini akan dijual seharga $99 pada akhir tahun ini.


Apple Mengenalkan iPad 9.7-inci Dengan Dukungan Apple Pencil

[source site_name = “TheVerge” site_url = “https://www.theverge.com/2018/3/27/17168974/logitech-crayon-hands-on-photos-apple-event-2018”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya

Latest