Follow Us

Kupas Tuntas Fitur Battery Health di iOS 11.3

Bagus Hernawan - Sabtu, 31 Maret 2018 | 10:15
Kupas Tuntas Fitur Battery Health di iOS 11.3

Update iOS 11.3 memberikan sebuah fitur baru yang cukup penting bagi pengguna iPhone lawas seperti iPhone 6 dan iPhone 6s. Yaitu mode Battery Health untuk mengecek kapasitas baterai yang ada di perangkat iPhone dan pengaturan throtling CPU di iOS 11. Berikut ini penjelasan lengkap yang harus kamu tahu untuk Battery Health di iOS 11.3. Yuk simak langsung!

Sejarah Awal Pembuatan Fitur Battery Health

Apple secara diam-diam memberikan throtling CPU alias menurunkan kemampuan CPU di perangkat iPhone sejak iOS 10.2.1 hingga iOS 11, ketika mendeteksi baterai tidak dapat bekerja dengan normal. Hal ini dilakukan untuk mencegah masalah random shutdown atu perangkat sering mati mendadak.

Hal ini akhirnya diketahui sejumlah pengguna hingga Apple meminta maaf dan akan menghadirkan fitur Battery Health. Kegunaannya adalah mengecek kapasitas baterai yang dapat kamu gunakan dan mematikan throtling CPU jika diperlukan oleh pengguna.

Perangkat yang Mendukung Baterai Health dan Pengaturan Throtling CPU di iOS 11.3

Fitur Battery Health (Beta) di iOS 11.3 tersedia untuk semua perangkat yang mendukung iOS 11. Namun pengaturan throtling CPU (disebut Peak Performance Capability) hanya dapat ditemukan pada iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Menemukan Pengaturan Battery Health

Pengaturan Battery Health di iOS 11.3 ada di bagian Settings – Battery – Battery Health (Beta). Di bagian dalamnya ada Maximum Capacity dan mode Peak Performance Capability. Bagian paling penting di sini adalah tulisan yang dapat kamu baca di bawah Peak Performance Capability. Yaitu penjelasan bahwa kondisi iPhone normal, baterai bermasalah dan sudah mengalami throtling CPU atau baterai tidak terdeteksi oleh sistem dan harus segera diganti.

Apa Itu Maximum Capacity?

Baterai Lithium-Ion yang ada di perangkat iPhone punya kapasitas penyimpanan yang terus berkurang sesuai dengan usia pemakaian. Jika sudah berkurang, daya yang dapat disimpan akan lebih kecil dibandingkan saat iPhone masih baru – Battery Health 100%.

Penurunan ini yang disebut sebagai Battery Health. Misalkan Battery Health kamu adalah 90%, itu artinya 10% kapasitas penyimpanan di baterai tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi.

Baterai yang ada di iPhone dikatakan normal atau menyusut kapasitasnya secara wajar jika ada di angka Health Battery sekitar 80% untuk 500 kali isi ulang secara penuh. Garansi 1 tahun dari perangkat iPhone juga melindungi masalah ini alias jika terindikasi penurunan tidak wajar.


Baca Juga:


Cara Membaca Peak Performance Capability di iOS 11.3

Normal

Peak Performance Capability dinyatakan normal jika kamu menemukan kalimat ini di bagian Battery Health iOS 11.3:

Editor : Bagus Hernawan

Latest