Follow Us

4 Hal Menarik dari Robot Apple ‘Daisy’ yang Harus Kamu Tahu

Bagus Hernawan - Jumat, 20 April 2018 | 14:29
4 Hal Menarik dari Robot Apple ‘Daisy’ yang Harus Kamu Tahu

Apple mengenalkan Daisy, robot canggih untuk menguraikan perangkat iPhone dan mendapatkan bagian berharga untuk kembali digunakan atau mendapatkan proses daur ulang.

Ada banyak detail menarik dari robot yang dikembangkan Apple selama beberapa tahun ini. Penasaran dengan beragam hal menarik seputar Daisy? Berikut ini info lengkap yang dapat kamu baca.

Hal Menarik dari Robot Apple ‘Daisy’

1. Daisy, Adik dari Liam

Liam adalah robot yang sebelumnya pernah dikenalkan oleh Apple dengan tugas yang sama, mencopot setiap bagian dari perangkat iPhone dan memisahkannya untuk proses daur ulang. Beberapa bagian dari robot Daisy kabarnya menggunakan perangkat dari Liam yang semakin disempurnakan.

Sayangnya Apple belum menjelaskan secara detail mengenai bentuk dan spesifikasi Daisy. Sedangkan untuk Liam, sebelumnya dijelasna memiliki 29 lengan robotik dan kecepatan membongkar 350 unit iPhone setiap jam.

2. Mendukung 9 Jenis iPhone

Liam hanya mendukung iPhone 6s untuk dibongkar secara robotik dan sangat cepat. Sedangkan Daisy sudah mendukung 9 jenis iPhone dan berfokus untuk mengenali perangkat berharga atau kualitas tinggi yang masih bisa didaur ulang.

Dengan cara tersebut Apple cukup membuat 1 jenis robot saja dan bisa mengenali beragam jenis iPhone yang siap didaur ulang. Kemampuan untuk mengenali dan memisahkan perangkat kualitas tinggi untuk proses daur ulang juga diklaim tidak dapat dilakukan oleh proses manual.


Baca Juga:


3. Kecepatan Daisy Membongkar iPhone

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Jika Liam bisa membongkar 350 iPhone dalam waktu 1 jam, Daisy sedikti lebih lambat. Yaitu 200 iPhone saja dalam waktu 1 jam. Namun perbedaan paling signifikan sudah saya sebutkan di penjelasan sebelumnya yaitu Daisy mendukung 9 varian iPhone yang membuat proses antrian untuk dibongkar menjadi lebih beragam.

Editor : Bagus Hernawan

Latest