Follow Us

Developers Union Kirim Surat Terbuka untuk App Store

Bagus Hernawan - Sabtu, 19 Mei 2018 | 13:30
Developers Union Kirim Surat Terbuka untuk App Store

Developers Union adalah sebuah kelompok pengembang aplikasi di App Store. Mereka baru saja merilis surat terbuka untuk App Store, tepatnya menjelang ulang tahun App Store ke–10 tahun. Mereka meminta Apple untuk memberikan fitur Free Trial di semua aplikasi pada App Store untuk iOS dan macOS dan memberikan pembagian keuntungan yang lebih baik.

Today, we are asking Apple to commit to allowing free trials for all apps in the App Stores by the tenth anniversary of the App Store this July. After that, we’ll start advocating for a more reasonable revenue cut and other community-driven, developer-friendly changes.


Baca Juga:


Developers Union diprakarsai oleh 4 orang: Brent Simmons (developer MarsEdit, Vesper, dan NetNewsWire), Jake Schumacher (pengembang The Human Story), Loren Morris (product designer), dan Roger Ogden (software designer).

Mereka juga berharap dalam sepekan ini bisa mengumpulkan seribu orang anggota dan 20 ribu anggota pada bulan Juni mendatang, tepatnya saat WWDC 2018 akan dilaksanakan oleh Apple.

Bagi kamu yang belum tahu, fitur Free Trial atau uji coba aplikasi secara gratis sebetulnya sudah diberikan oleh Apple. Namun fitur ini hanya tersedia untuk aplikasi yang menggunakan sistem berlangganan saja. Misalkan seperti Apple Music, ada fitur uji coba gratis dan setelahnya pengguna harus membayar biaya langganan bulanan untuk terus menikmati konten musik dan video di dalamnya.

Developers Union masih menganggap hal tersebut sebagai batasan yang terlalu mengekang. Menurutnya banyak pengembang aplikasi yang tidak ingin menggunakan sistem berlangganan, namun ingin mendapatkan fitur Free Trial agar para calon pembelinya dapat mencoba aplikasi mereka. Namun menurut pendapat saya, hal ini justru akan membuat siapa saja menjadi malas untuk membeli aplikasi dan membuat jumlah pembelian jauh lebih menurun. Bagaimana dengan pendapat kamu?

Permintaan lain yang diajukan oleh Developers Union adalah seputar bagi hasil dari pendapatan di App Store. Saat ini para pengembang mendapatkan 70% pendapatan yang masuk dari harga aplikasi atau IAP, Apple mendapatkan 30%. Namun dari aturan terbaru, jika pengembang aplikasi berhasil membuat pelanggan mereka terus berlangganan hingga 1 tahun, bagi hasil yang diberikan akan bertambah yaitu 85% : 15%.

Saat artikel ini tim MakeMac bagikan, belum ada tanggapan dari pihak Apple atau penjelasan lainnya. Kita tunggu update infonya dalam beberapa waktu ke depan ya!


Cara Mudah Melihat Daftar Layanan Berlangganan di App Store

[source site_name = “Developer Union” site_url = “https://www.thedevelopersunion.org”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest