Follow Us

Apple Tahu Bahwa iPhone 6 Punya Masalah ‘Bendgate’ dan ‘Touch Disease’ Sebelum Rilis

Bagus Hernawan - Jumat, 25 Mei 2018 | 10:40
Apple Tahu Bahwa iPhone 6 Punya Masalah ‘Bendgate’ dan ‘Touch Disease’ Sebelum Rilis

Gugatan mengenai kasus ‘Touch Disease’ atau layar tidak responsif di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus kabarnya masih terus berjalan. Pihak persidangan meminta Apple untuk menyediakan dokumen pengujian internal tepatnya sebelum produk tersebut dirilis untuk pengguna umum. Menurut catatan yang tim MakeMac dapatkan, hakim Lucy Koh memberikan catatan dari data tersebut bahwa Apple mengetahui masalah ‘Bendgate’ dan ‘Touch Disease’ di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sebelum diluncurkan.

Lucy Koh memberikan keterangan bahwa di dokumen Apple tertulis bahwa iPhone 6 lebih rentan 3,3 kali lipat dari masalah bengkok daripada iPhone 5s. Sedangkan untuk iPhone 6 Plus punya kemungkinan bengkok yang lebih besar yaitu 7.2 kali lipat. Namun masalahnya, Apple menyanggah hal tersebut dalam pemberitaan saat kasus ini mencuat ke publik. Yaitu dengan keterangan bahwa produk iPhone sudah mengalami beragam uji kekuatan material secara menyeluruh dan masalah bengkok sangat jarang terjadi.

The company found that the iPhone 6 is 3.3 times more likely to bend than the iPhone 5s, and the iPhone 6 Plus is 7.2 times more likely to bend than the iPhone 5s, according to the documents.


Baca Juga:


Berpindah ke masalah ‘Touch Disease’, Apple menyatakan bahwa tidak ada masalah teknis dengan logic board di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Namun menurut dokumen internal, ada perubahan teknis yang diperlukan dan akhirnya Apple secara diam-diam melakukan hal tersebut setelah 1,5 tahun iPhone 6 dirilis. Ya, produk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang dibuat mulai Mei 2016 kabarnya sudah memiliki logic board baru yang mencegah masalah ‘Touch Disease’ atau layar sentuh sering bermasalah.

Perbaikan paling nyata dari kedua masalah ini ada di iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Sejauh pengamatan tim MakeMac dan beberapa berita sebelumnya, masalah iPhone mudah bengkok dan layar sentuh tidak responsif terjadi dalam angka sangat kecil di iPhone 6s. Mungkin itulah kenapa hingga hari ini, Apple masih menjual iPhone 6s di Apple.com dan juga tersedia di Apple Authorized Indonesia.

Bagaimana tanggapan kamu mengenai masalah ‘Bendgate’ dan ‘Touch Disease’ di iPhone 6? Apakah pernah mengalami masalah tersebut di iPhone kesayangan kamu? Bagikan di kolom komentar ya!


(Video) Samsung Sindir Performa iPhone 6 di Iklan Galaxy S9

[source site_name = “motherboard” site_url = “https://motherboard.vice.com/en_us/article/a3a3gg/iphone-6-touch-disease-documents”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest