Follow Us

5 Hal di Keynote WWDC 2018 yang Luput dari Perhatian

Bagus Hernawan - Senin, 11 Juni 2018 | 15:23
5 Hal di Keynote WWDC 2018 yang Luput dari Perhatian

Keynote WWDC 2018 hadir sebagai ajang tahunan untuk mengenalkan beragam sistem operasi baru dari Apple. Dalam durasi 2 jam lebih beberapa menit tersebut, ada banyak hal penting yang mungkin kamu lewatkan. Berikut ini beberapa hal menarik dari Keynote WWDC yang luput dari perhatian. Simak catatan dari tim MakeMac ya!

Detail Keynote WWDC 2018 yang Luput dari Perhatian

1. Tidak Ada ‘One More Thing’

Apple selalu menggunakan slide presentasi bertuliskan ‘One More Thing’ untuk mengenalkan produk paling penting dalam WWDC atau Apple Event. Tahun lalu di WWDC 2017, Apple menggunakan kesempatan ini untuk mengenalkan HomePod. Namun di tahun 2018, tidak ada ‘One More Thing’ sama sekali.

Ya, Apple memang tidak mengenalkan hardware baru apapun pada WWDC 2018. Tim Cook sudah memberikan penjelasan ini di awal acara dengan mengucapkan bahwa hari ini Apple akan menjelaskan semua hal seputar sistem operasi. Sehingga selama 2 jam tersebut, fokus penjelasannya benar-benar hanya pada sistem operasi baru yang sekarang sudah rilis untuk Developer. Mulai dari iOS 12, macOS Mojave, watchOS 5 dan tvOS 12.

2. Phill Schiller Tidak Tampil di Keynote WWDC 2018

Philip W. Schiller (Senior Vice President of Worldwide Marketing) yang biasanya termasuk salah satu presenter yang tampil di WWDC atau Apple Event, tahun ini tidak menampakkan diri hingga akhir acara. Biasanya Phill memberikan penjelasan untuk hardware baru seperti MacBook Pro, iMac Pro, perangkat iPad dan lainnya. Mungkin karena tahun ini di WWDC tidak ada penjelasan produk hardware, Phill jadi bebas dari tugasnya di atas panggung.

Namun ada yang lucu dari absennya Philip W. Schiller dari Keynote WWDC 2018, apapun alasannya. Di salah satu bagian presentasi, Apple menjelaskan fitur Mail dan menggunakan nama Phill di bagian pesan masuk. Dalam pesan tersebut, tertulis bahwa Philip W. Schiller naik ke atas Apple Park dan terkunci. Dia meminta bantuan dari tim Apple lainnya untuk membuka pintu dari sisi dalam. Kocak banget ya!

3. Tidak Ada Fitur Baru untuk Touch Bar di macOS Mojave?

Apple memberikan banyak penjelasan untuk macOS Mojave dan fitur-fitur baru yang tersedia. Namun sayangnya saya tidak menemukan penjelasan apapun mengenai fitur Touch Bar di MacBook Pro terbaru untuk macOS Mojave. Apakah Touch Bar memang tidak mendapatkan fitur baru apapun di macOS Mojave, atau masih disembunyikan oleh Apple?

Di sisi lain, Apple justru memberikan penjelasan cukup menarik untuk fitur eGPU alias kartu grafis eksternal di macOS Mojave, tampilan Dark Mode yang sangat cantik apalagi jika kamu menggunakan iMac Pro dengan warna senada serta wajah baru Mac App Store.


Baca Juga:


4. Layar Lebih Lebar dan Panggung Luas

Editor : Bagus Hernawan

Latest