Follow Us

Instagram Lite Rilis di Play Store, Kapan Hadir di App Store?

Bagus Hernawan - Selasa, 03 Juli 2018 | 11:00
Instagram Lite Rilis di Play Store, Kapan Hadir di App Store?

Instagram secara tiba-tiba merilis aplikasi baru di Google Play Store. Menggunakan nama Instagram Lite alias versi mini dari Instagram yang selama ini digunakan pengguna Android. Kenapa disebut Lite? Karena ukurannya yang sangat kecil, hanya sekitar 573KB saja!

Dikutip dari laman The Verge, dengan ukuran tersebut artinya Instagram Lite jauh lebih kecil 246x dibandingkan Instagram for iOS yang selama ini kamu gunakan (141MB). Sedangkan untuk Instagram for Android memiliki ukuran dokumen yang berbeda-beda tergantung jenis perangkat yang digunakan.

The new app is just 573 kilobytes in size รขโ‚ฌโ€ absolutely tiny! By comparison, the Instagram app on iOS is 246 times bigger at 141 megabytes (the app varies in size on Android).

Baca Juga:

Dibalik ukurannya yang kecil, Instagram ternyata tidak menyediakan beberapa fitur utamanya di Instagram Lite. Mulai dari kirim video dan mode pesan langsung. Belum ada penjelasan apakan fitur-fitur ini akan ditambahkan pada update berikutnya atau memang tidak disediakan. Sedangkan untuk fitur standar lainnya seperti Instagram Stories, posting foto dan berkomentar serta mode pencarian tetap tersedia.

Strategi untuk merilis aplikasi dalam mode Lite memang banyak digunakan penyedia layanan dan aplikasi sosial media untuk perangkat Android. Beberapa nama yang sebelumnya sudah hadir dengan nama Lite adalah Facebook, Uber dan Twitter yang menggunakan Twitter Mobile. Tujuannya adalah mendapatkan pengguna baru yang sering merasa enggan untuk instal aplikasi dalam ukuran besar.

Sayangnya hal yang sama jarang sekali terjadi di aplikasi untuk perangkat iOS. Namun apakah hal ini akan diubah oleh Instagram dengan menghadirkan Instagram Lite untuk perangkat iOS? Bagaimana pendapat kamu?

4 Fitur Baru dari Instagram untuk Saling Berbagi dan Terkoneksi


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest