Follow Us

Apple Hapus Aplikasi Mac dan iOS dari iTunes Affiliate Program

Bagus Hernawan - Kamis, 02 Agustus 2018 | 11:30
Apple Hapus Aplikasi Mac dan iOS dari iTunes Affiliate Program

Apple pagi ini mengirim email kepada para Publisher yang terdaftar di laman iTunes Affiliate Program. Pengumuman yang diberikan adalah rencana untuk menghapus konten aplikasi di macOS dan iOS dalam program iTunes Affiliate Program. Dengan cara tersebut, website atau media yang menggantungkan pendapatan utamanya dari tautan afiliasi dari review aplikasi di macOS dan iOS, harus mulai memikirkan cara baru untuk mendapatkan uang.

Dikutip dari email yang diberikan Apple, rencana ini dilakukan karena Apple sudah merilis wajah baru dari App Store (sejak iOS 11) dan Mac App Store (di macOS Mojave) yang memudahkan pengguna dalam menemukan konten aplikasi. Peraturan baru ini akan mulai dijalankan pada tanggal 1 Oktober 2018 mendatang.

With the launch of the new App Store on both iOS and macOS and their increased methods of app discovery, we will be removing apps from the affiliate program. Starting on October 1st, 2018, commissions for iOS and Mac apps and in-app content will be removed from the program. All other content types (music, movies, books, and TV) remain in the affiliate program.


Baca Juga:


Sebagai catatan, iTunes Affiliate Program masih mendukung tautan afiliasi untuk konten di luar aplikasi ya. Mulai dari musik, film, buku, TV Show dan berlangganan Apple Music.

Keuntungan yang diperoleh oleh Publisher dengan akun iTunes Affiliate Program untuk setiap konten yang dibeli oleh pembaca website atau lainnya adalah 7%. Sedangkan sebagai pembeli konten, tidak akan menemukan tagihan tambahan apapun.

Apple tahun lalu pernah berencana menurunkan keuntungan program afiliasi menjadi 2.5% saja dan mendapatkan protes keras. Hingga akrhinya setelah beberapa pekan, ada klarifikasi dan membuat keuntungan afiliasi kembali naik menjadi 7%.

Tim MakeMac juga punya akun iTunes Affiliate Program dan selama ini selalu menggunakan cara tersebut untuk memperoleh pendapatan tambahan. Contohnya dalam setiap artikel review aplikasi, games dan juga katalog konten pilihan di akhir pekan. Terima kasih untuk Sahabat MakeMac yang selalu menggunakan tautan dari kami untuk membeli konten dari Apple.

iTunes Affiliate Program adalah layanan untuk membantu pemilik website atau media lainnya dalam memperoleh pendapatan tambahan saat mempromosikan konten dari Apple. Publisher yang mendaftarkan diri di laman iTunes Affiliate Program dapat memperoleh kode afiliasi yang ditempelkan pada tautan konten dari Apple. Setiap pembelian dengan tautan tersebut akan mendapatkan komisi dari Apple sebesar 7%.

Bagaimana tanggapan kamu untuk rencana Apple dalam menghapus aplikasi di macOS dan iOS dalam program iTunes Affiliate Program? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!


Pengembang Monument Valley Membuktikan Bahwa Game Premium Bisa Tetap Sukses Di Pasaran


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest