Follow Us

5 Tips Memilih Komputer Mac untuk Mahasiswa

Bagus Hernawan - Senin, 13 Agustus 2018 | 17:10
5 Tips Memilih Komputer Mac untuk Mahasiswa

Apakah kamu masih berstatus pelajar atau mahasiswa? Sedang berencana membeli komputer Mac untuk menemani kegiatan belajar? Tim MakeMac punya daftar tips yang bisa kamu baca sebelum memutuskan untuk membeli komputer Mac untuk mahasiswa. Simak info lengkapnya di artikel ini ya!

Tips Memilih Komputer Mac untuk Mahasiswa

5. Laptop atau Komputer Desktop?

Secara garis besar, semua jenis komputer dibagi menjadi 2 untuk urusan portabilitas. Yaitu laptop dan komputer desktop. Beberapa contoh laptop dari Apple untuk saat ini adalah MacBook Air, MacBook 12 inci, MacBook Pro 13 inci dan MacBook Pro 15 inci. Sedangkan untuk komputer Desktop ada Mac Mini, iMac, iMac Pro, dan Mac Pro.

Biasanya kaum pelajar atau mahasiswa lebih senang menggunakan laptop karena portabilitas yang diberikan alias bisa dibawa kemana saja saat diperlukan. Misalkan saat harus mengerjakan tugas ke perpustakaan, belajar di tempat teman, atau presentasi di ruang kuliah.

Namun ada beberapa kalangan mahasiswa yang bisa memilih komputer desktop seperti iMac karena kebutuhan layar besar, tidak selalu membutuhkan komputer untuk dibawa-bawa dan punya ruangan luas. Bagaimana, kamu pilih laptop atau komputer yang diletakkan di rumah?

4. Sesuaikan Ukuran Layar

Apple punya produk komputer dengan ukuran layar mulai dari 11 inci (MacBook Air), 12 inci (MacBook 12 inci), 13 inci (MacBook Pro), 15 inci (MacBook Pro), hingga 21.5 inci dan 27 inci (iMac, iMac Pro). Kamu bisa sesuaikan komputer Mac yang akan digunakan dengan ukuran layar tersebut.

Misalkan jika kamu memerlukan banyak waktu bekerja di depan laptop dan mobilitas tinggi, layar 13 inci adalah pilihan paling tepat. Namun jika kamu perlu layar sedikit lebih besar, tetap mendukung mobilitas dan spek gahar alias tinggi, MacBook Pro 15 inci adalah jawabannya.

Pilihan layar 21.5 inci atau 27 inci ada di perangkat iMac yang termasuk dalam komputer desktop. Silakan ambil komputer iMac 27 inci jika kamu memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi, punya ruangan yang besar agar dapat menatap layar iMac dalam jarak cukup, serta meja kerja yang besar.

3. Spesifikasi Hardware dan Kebutuhan akan Datang

Komputer Mac di era sekarang ini memang sudah jauh berebda dengan beberapa tahun yang lalu. Salah satunya adalah opsi mengganti jeroan komputer yaitu RAM dan Hard Disk, kini sudah tidak mungkin dilakukan untuk jajaran komputer portabelnya seperti MacBook Pro Touch Bar dan MacBook 12 inci.

Jika kamu termasuk mahasiswa yang memerlukan storage luas untuk menyimpan dokumen, pastikan untuk tidak membeli komputer Mac dengan memori penyimpanan 128GB sejak awal ya. Karena tidak ada opsi upgrade storage lagi, semuanya ditanam di dalam mesin utama.

Editor : Bagus Hernawan

Latest