Follow Us

CD Projekt Red Meluncurkan Sebuah Studio Pengembang Untuk Ponsel

Alexius Aditya - Kamis, 23 Agustus 2018 | 08:05
CD Projekt Red Meluncurkan Sebuah Studio Pengembang Untuk Ponsel

Bukan sekali ini saja terjadi, sebuah pengembang yang tadinya terfokus membuat game untuk PC dan konsol saja, akhirnya masuk ke pasar ponsel. Hal ini bukanlah sebuah berita yang mengejutkan lagi, mengingat pasar ponsel merupakan salah satu pasar yang paling menghasilkan dalam segi mendatangkan keuntungan, maka sudah pasti sejumlah pengembang pasti meliriknya.

Tetapi saya tidak akan menjadi terkejut sekaligus gembira jika hal itu dilakukan oleh asal pengembang saja. Kali ini, kabar gembira tersebut datang dari CD Projekt Red, sebuah pengembang yang ada dibalik suksesnya seri The Witcher untuk PC dan konsol.

Alasan saya untuk menjadi gembira adalah, bahwa CD Projekt Red telah berkomitmen untuk membuat game yang bagus, tanpa adanya tambahan uang dari DLC yang terkesan setengah jadi, ataupun kotak loot seperti yang dilakukan oleh para pengembang lain, seperti EA misalnya. Hal tersebut terbukti dengan hadirnya The Witcher 3 yang telah menyabet beberapa gelar, termasuk game RPG terbaik tahun 2016 kemarin.

Jika itu saja belum membuatmu yakin. Pengembang ini juga bertanggung-jawab atas hadirnya GOG.com, sebuah pasar game yang menawarkan game bebas DRM, yang tidak banyak ditawarkan oleh pasar game lainnya seperti Steam, Ubisoft, dan EA.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Baca Juga:


Kemarin, CD Projekt Red baru saja mengumumkan bahwa mereka telah membuka sebuah tim pengembang baru yang ditujukan untuk membuat game ponsel yang diberi nama Spokko. Melihat deretan kerja mereka, pengembang yang satu ini tidak akan merilis game yang mengedepankan uang, kosmetik, dan lainnya, dibandingkan kemampuan bermain, seperti yang dilakukan oleh banyak pengembang game lainnya. Jadi untuk kamu yang mengharapkan sebuah game kloningan Clash Royale, atau mungkin bertema battle royale seperti yang banyak dirilis belakangan ini, kamu harus kecewa karena saya rasa hal tersebut tidak akan terjadi di pengembang yang satu ini.

Spokko telah diberi ijin oleh CD Projekt Red untuk mengakses properti intelektual dari game milik CD Projekt Red, itu berarti ada kemungkinan bahwa game untuk ponsel yang akan kita dapatkan memiliki kesan The Witcher, Gwent, atau bisa menjadi apa saja yang merupakan sebuah hal baru.

Untuk masalah perilisan game ponsel, hal itu bisa terjadi dalam waktu yang lama, mengingat bahwa mereka baru saja terbentuk. Tapi untuk suatu game yang bagus, saya pikir, saya tidak akan keberatan untuk menunggu.


8 Game Jadul Dengan Mekanisme Gameplay Baru


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya

Latest