Follow Us

5 Alasan Game Gratis Lebih Bagus Daripada Game Berbayar

Alexius Aditya - Selasa, 04 September 2018 | 17:05
5 Alasan Game Gratis Lebih Bagus Daripada Game Berbayar

Bukan gamer namanya jika tidak ada keinginan untuk mencoba semua game yang ada hingga lupa waktu. Anehnya, terkadang hasrat untuk mengumpulkan game tersebut justru lebih tinggi dibandingkan dengan keinginan untuk memainkannya.

Tapi kondisi berkata lain. Game berbayar tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma, kamu harus membayarnya. Sedangkan game gratis biasanya tidak dibuat sebagus game berbayar. Lalu mana yang sebaiknya dipilih? Jangan keburu bingung dulu. Berikut adalah 5 alasan kenapa game gratis lebih baik dibandingkan dengan game berbayar.

1. Game Gratis Itu.. Gratis

Kamu boleh melempar banyak argumen soal perdebatan gratis dan berbayar, tapi memang tidak ada yang bisa mengalahkan produk yang berharga gratis. Semua orang, tanpa terkecuali, bisa menikmati suatu game karena mereka tidak dipungut biaya sepeserpun. Maka gamer tersebut tidak perlu berpikir dua kali untuk mencoba memainkannya. Jika tidak suka, mereka tinggal menghapus gamenya saja. Tidak ada kerugian yang dirasakan dari bermain game gratis.

2. Pembuktian Diri

Ada satu alasan utama yang dipikirkan oleh pengembang ketika mereka membuat game gratis, yaitu untuk mendatangkan uang secara konstan. Ketika seorang gamer membeli game berbayar, mereka hanya akan mengeluarkan uangnya sekali saja. Berbeda dengan yang terjadi pada game gratis. Game gratis biasanya akan penuh dengan IAP, yang biasanya ditawarkan sebagai opsi untuk mendapatkan karakter baru, skin eksklusif, atau langganan.

Gamer yang tahan untuk memainkan game gratis biasanya juga bertahan untuk tidak mengeluarkan uangnya untuk berbagai macam barang di dalam game. Menurut saya, sikap itu baik karena hal tersebut membuktikan bahwa kamu memiliki prinsip tidak mudah goyah.

3. Hemat

Kedua poin diatas yang membuat poin ketiga ini muncul, yaitu bisa berhemat. Kamu memainkan game gratis dan kamu tidak mudah tergoda untuk membeli barang di dalam game. Kedua hal itu otomatis membuat pengeluaran untuk masalah game berkurang drastis.

Baca Juga:

4. Mendukung Pengembang

Biasanya di dalam game gratis terdapat iklan yang bisa menaikkan skor ataupun memberikan berbagai macam hadiah yang jumlahnya dua kali lipat dibanding jika kamu tidak melihatnya. Dengan adanya opsi itu, maka kita sering melihat iklan untuk alasan tersebut. Hal itu dilakukan biasanya tanpa sadar namun saya yakinkan bahwa hal tersebut merupakan hal yang baik. Kamu sedang mendukung pengembang tersebut dengan melihat iklan-iklan yang mereka tawarkan.

5. Replayability

Satu hal pasti dalam game gratis adalah adanya kejelasan mengenai replayability. Semua game gratis harus bisa dimainkan secara terus-menerus tanpa ada akhir dari gamenya. Inilah pondasi yang digunakan oleh game gratis untuk bisa hidup. Mereka membutuhkan uang konstan yang hanya bisa terus datang jika mereka mempunyai pemain yang aktif.

Maka tidak mengherankan apabila kamu masih menemukan game seperti Clash of Clans yang masih hidup sampai sekarang padahal sudah dirilis sejak lama sekali.

Itulah tadi 5 kehebatan dari game gratis yang tidak akan kamu temui pada game berbayar. Memang, selalu ada kelebihan dan kekurangan dari suatu hal. Dan jika tadi saya sudah menjelaskan tentang 5 kelebihan yang ada, game gratis pun pastinya tidak luput dari kelemahan. Tapi saya rasa hal itu sebaiknya dibahas lain kali saja. Kalau kamu sendiri, sebenarnya lebih pilih yang mana sih? Gratis atau bayar?

8 Game Monster Yang Bisa Menemanimu Bermain


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya

Latest