Follow Us

Cara Ganti Shortcut ‘Paste’ Menjadi ‘Paste and Match Style’ di macOS

Bagus Hernawan - Selasa, 04 September 2018 | 16:00
Cara Ganti Shortcut ‘Paste’ Menjadi ‘Paste and Match Style’ di macOS

Fitur Copy (cmd+C) dan Paste (cmd+V) adalah salah satu shortcut yang pasti sering digunakan oleh pengguna komputer. Namun pasti kamu sadar bahwa fitur Paste punya sebuah kekurangan, terutama untuk kamu yang akrab berurusan dengan teks dan formatting. Fitur Paste diciptakan untuk menyalin dokumen dan pengaturan Style yang digunakan.

Misalkan jika saya menyalin artikel dari MakeMac.com dengan font A ke Microsoft Word yang sedang saya ketik dengan font B, tulisan yang tampil akan menggunakan font A. Sehingga saya harus repot mengganti Style yang digunakan agar seragam dengan dokumen saya. Alternatifnya adalah menggunakan shortcut Paste and Match Style yaitu kombinasi tombol shift+ ctrl+ option + v atau lainnya, tergantung dari pengaturan aplikasi yang digunakan.

Sekarang tim MakeMac akan mengajarkan kamu untuk mengubah shortcut Paste menjadi Paste and Match Style secara otomatis dan ringkas. Jadi kamu tidak perlu menghapalkan kombinasi tombol yang panjang tersebut. Yuk simak langsung!

Cara Ganti Shortcut Paste Menjadi Paste and Match Style

  1. Masuk ke aplikasi System Preferences.
  2. Akses pengaturan Keyboard – Shortcuts.
  3. Masuk ke tab App Shortcuts di bagian kiri bawah.
  4. Pilih All Applications di bagian paling atas. Setelah itu tekan ikon + di bagian bawah dan isi kolom Menu Title dengan “Paste and Match Style”.
  5. Pada bagian Keyboard Shortcut, tekan tombol cmd+V. Setelah itu simpan dengan menekan tombol Add.
Baca Juga:

Selesai, sekarang setiap kamu menggunakan fitur cmd+v, otomatis perintah yang akan dijalankan adalah Paste and Match Style. Karena pada pengaturan nomor 4 kita gunakan mode All Aplications, mode ini akan berjalan di semua aplikasi ya. Kamu bisa menggunakan fitur ini hanya di sebuah aplikasi pilihan jika memilihnya secara spesifik pada bagian tersebut, misalnya hanya di Microsoft Excel dan Word saja atau aplikasi lainnya.

Selamat mencoba panduan di atas dan jangan lupa bagikan untuk Apple Fanboy lainnya agar juga ikut terbantu dengan panduan ini ya!

Mengenal Fitur Paste and Match Style di Mac


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest