Follow Us

Apple Store di Kawasan Bay Area Kecurian 5x Dalam Dua Pekan, Kerugian Hingga $50 Ribu

Bagus Hernawan - Rabu, 05 September 2018 | 11:00
Apple Store di Kawasan Bay Area Kecurian 5x Dalam Dua Pekan, Kerugian Hingga $50 Ribu

Pencurian di Apple Store kembali terjadi. Kali ini berasal dari Apple Store Burlingame dalam kawasan Bay Area, San Fransisco. Kejadian ini adalah yang kelima kalinya dalam 2 pekan terakhir untuk beberapa Apple Store di daerah tersebut. Kerugian yang ditaksir mencapai angka $50.000 atau sekitar 750 juta Rupiah.

Dalam 5 kejadian selama 2 pekan ini, pencurian dilakukan dengan teknik yang sama dan waktu sangat singkat, tidak sampai 30 detik. Para pencuri ini mengambil perangkat iPhone, iPad dan Mac yang dipajang. Bahkan beberapa juga memutuskan kabel keamanan dari perangkat pajangan tersebut dan langsung membawanya keluar ruangan. Tidak ada aksi kekerasan, senjata atau hal mengerikan lainnya. Informasi ini disampaikan oleh Robert Boll, polisi di daerah Burlingame yang mengurusi kasus tersebut.

“They just grab all the phones off the display phones, all the computers. They break the security cords and run out. They’re in there for less than 30 seconds,”

Baca Juga:

Pihak polisi juga yakin bahwa pencuri di kelima Apple Store adalah orang yang sama. Dilihat dari teknik yang digunakan, jumlah orang yang melakukan aksi dan juga pakaian serta beberapa hal lainnya. Mereka sudah merilis video setiap pencurian tersebut dengan harapan ada warga sekitar yang mengenali para pelaku.

Kenapa aksi pencurian ini bisa terlihat begitu mudah? Ya, Apple memang sudah tidak memberikan kabel keamanan untuk unit iPhone yang dipajang di Apple Store. Tujuannya adalah membuat pengalaman pengguna lebih nyaman seperti mencoba case, memasukkan ke saku baju atau mungkin menggenggam secara lebih bebas.

Dengan sistem tersebut, Apple diam-diam punya keamanan baru yang diberikan pada setiap produk pajangannya. Yaitu begitu produk ini tidak terhubung dengan Wi-Fi di Apple Store, kabarnya unit tersebut akan terkunci dan tidak dapat lagi digunakan. Mungkin semacam iCloud Actication Lock atau sistem lainnya yang dibuat khusus oleh Apple.

4 Alasan Tidak Menggunakan Pelindung Layar di iPhone


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest