Follow Us

Review CleanMyMac X: Bersihkan, Pantau dan Hapus Malware di Mac

Alexius Aditya - Kamis, 06 September 2018 | 16:00
Review CleanMyMac X: Bersihkan, Pantau dan Hapus Malware di Mac

Tidak terasa, CleanMyMac telah memasuki umurnya yang kesepuluh. Sebuah pencapaian yang tidak sepele dan pantas untuk dirayakan. Saya pribadi menginginkan sebuah jamuan makan malam. Tetapi nampaknya, tim MacPaw sebagai pengembang dibalik CleanMyMac memiliki ide yang berbeda. Mereka memilih untuk melahirkan kembali CleanMyMac dalam bentuk yang baru, yang dinamakan CleanMyMac X.

Sebanyak umurnya, CleanMyMac versi baru ini mempunyai segudang fitur baru yang tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Mulai dari fitur Smart Scan, sampai dengan fitur Updater baru yang memastikan Mac milikmu selalu menggunakan aplikasi versi terbaru.

Sambutan Elegan Ala MacOS

Ketika membuka aplikasi untuk pertama kalinya, saya disambut dengan video pendek elegan yang mempamerkan beberapa fitur baru di CleanMyMac X. Melihatnya, mengingatkan ketika pertama kalinya saya menggunakan Mac. Video tersebut ternyata sebuah pengantar pendek yang kemudian mengajak saya untuk membersihkan Mac dengan hanya menekan satu tombol saja.

Kembali Prima Dengan Dua Kali Klik

Fitur Smart Cleanup yang ada pada versi terdahulu kini tergantikan dengan fitur Smart Scan. Sesuai namanya, Smart Scan tidak lagi hanya membersihkan file sampah yang ada pada Mac, tetapi juga mencari aplikasi yang berpotensi untuk merusak, serta meningkatkan performa sistem secara keseluruhan.

Tenang saja, CleanMyMac X tidak akan menghapus file yang sifatnya pribadi, atau data apapun yang memang tidak ingin kamu hapus. Fitur Smart Scan akan mengumpulkan semua file yang dirasa tidak perlu, mengganggu, ataupun sudah tidak digunakan lagi, yang biasanya merupakan file sisa penggunaan aplikasi yang mengendap. Klik sekali pada tombol pencarian dan tunggu selama beberapa saat sampai proses pencarian yang dilakukan CleanMyMac X selesai. Klik sekali lagi untuk membersihkan dan voila, Mac milikmu akan kembali prima.

Jauh Dimata, Dekat di Status Bar

Setelah selesai melakukan pembersihan, maka biasanya aplikasi akan ditutup dan dilupakan begitu saja. Kamu boleh lupa, namun tidak dengan CleanMyMac X. Walaupun sudah ditutup, CleanMyMac X akan tetap memperhatikan bagaimana Mac milikmu bekerja. Tentunya, aksi ini bisa dilakukan jika kamu memberikannya ijin terlebih dahulu.

Dinamakan CleanMyMac X Menu, fitur yang satu ini bertugas untuk memperhatikan status Mac secara menyeluruh, menampilkan indikator kesehatan dari hard drive, memori, baterai, dan CPU. Bahkan, kamu bisa melihat berapa sisa space yang ada pada akun Dropbox milikmu.

Tugas CleanMyMac X Menu tidak berhenti sampai dengan memperhatikan saja. Kamu bisa melakukan sejumlah aksi lewat Menu tersebut. Berikut daftar singkat aksi yang bisa kamu lakukan lewat CleanMyMac X Menu:

1 2 3

Editor : Alexius Aditya

Latest