Follow Us

iOS 12 Resmi Rilis untuk Perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch!

Bagus Hernawan - Selasa, 18 September 2018 | 00:10
iOS 12 Resmi Rilis untuk Perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch!

Setelah dikenalkan di WWDC 2018 lalu, Apple akhirnya merilis update iOS 12 untuk pengguna umum. Tepat seperti jadwal yang diberitakan yaitu 17 September 2018. Bagi pengguna perangkat iOS yang mendapatkan dukungan update iOS 12, silakan update dengan cara OTA Updates, Update via iTunes atau Restore via iTunes ya.

Apple fokus pada peningkatan kecepatan, responsivitas dan sejumlah perbaikan fitur lama serta mengenalkan beberapa fitur baru di iOS 12. Sejumlah fitur yang menjadi andalan di iOS 12 adalah Group Notifications, Screen Time, Memoji, peningkatan Animoji, ARKit 2, peningkatan pada aplikasi Photos, keamanan dan banyak lainnya.

Perangkat iOS apa saja yang mendukung update iOS 12? Ini dia hebatnya. Update iOS 12 dapat diunduh oleh semua perangkat iOS yang sebelumnya mendapatkan dukungan update ke iOS 11. Jadi perangkat iOS yang sudah berumur hampir 5 tahun seperti iPhone 5s, iPad Mini 2 atau iPod Touch generasi 6 tetap dapat menikmati update sistem operasi tersebut.

Tutorial Update ke iOS 12

Sesuai dengan penjelasan saya di awal, update iOS 12 dapat dilakukan dengan 3 cara. Berikut ini penjelasan singkatnya:

  1. OTA Updates. Yaitu update langsung di perangkat iOS dari bagian Settings – General – Software Update. Pastikan kamu menggunakan koneksi internet Wi-Fi yang cukup kencang, stabil dan punya kapasitas penyimpanan kosong cukup besar (rekomendasi MakeMac di atas 4GB). Persentase baterai di iPhone atau iPad juga harus di atas 50% atau dalam mode charging untuk dapat melakukan proses instal ke iOS 12. Jika tidak, prosesnya hanya akan berhenti di mode unduh dan menunggu baterai dalam kondisi yang sesuai penjelasan di atas untuk mode instal.
  2. Update lewat iTunes. Silakan update perangkat iOS lewat iTunes jika kamu tidak memiliki koneksi nirkabel atau Wi-Fi yang cukup. Sambungkan perangkat iPhone atau iPad ke komputer dengan kabel data, akses iTunes, lakukan backup dan tekan tombol Updates.
  3. Restore via iTunes. Jika menggunakan metode Restore, semua data yang ada di perangkat iOS akan hilang. Kamu akan mendapatkan tampilan perangkat iOS seperti baru kembali. Data di perangakat iOS bisa kembali lagi jika telah melakukan backup ke iTunes sebelum melakukan Restore.
Selamat melakukan update ke iOS 12! Jika sudah berhasil melakukan update atau malah mengalami kendala, silakan tulis di kolom komentar ya. Kamu juga bisa membagikan pengalaman update ke iOS 12 lewat Twitter dengan cara mention ke @MakeMac.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest