Follow Us

(Video) Celah Keamanan untuk Menembus Passcode Lock di iOS 12, Akses Kontak dan Foto

Bagus Hernawan - Senin, 01 Oktober 2018 | 16:00
(Video) Celah Keamanan untuk Menembus Passcode Lock di iOS 12, Akses Kontak dan Foto

Update iOS 12 ternyata punya celah keamanan yang cukup berbahaya yaitu menembus kode kunci keamanan yang biasa disebut passcode lock bypass. Hal ini ditemukan oleh Jose Rodriguez yang mengetahui celah keamanan ini dengan langkah yang kompleks jika kamu ingin mencobanya.

Dikutip dari Apple Insider, Jose Rodriguez menjelaskan bahwa proses ini memerlukan sejumlah fitur di iOS yang harus dijalankan dan berakhir pada kesalahan tampilan. Sehingga pengguna bisa melakukan akses ke aplikasi Kontak dan Foto tanpa perlu memasukkan Passcode Lock. Percobaan ini sudah dilakukan untuk perangkat iPhone yang masih menggunakan Touch ID atau bahkan Face ID seperti iPhone X, iPhone Xs.

Setelah tim MakeMac melihat catatan yang diberikan, prosesnya memang cukup kompleks. Mulai dari memanggil Siri untuk mengunakan fitur VoiceOver screen reader, aplikasi Telepon dan juga aplikasi Notes. Ya, salah satu prosesnya adalah terdapat iPhone kedua yang digunakan untuk melakukan panggilan ke ponsel tersebut.

Baca Juga:

Dapat kamu lihat pada video di atas, bug system ini membuat siapa saja dapat memperoleh akses dari aplikasi Kontak dan Foto. Namun kamu tidak perlu terlalu khawatir, karena prosesnya yang panjang dan rumit, mustinya tidak semua orang bisa melakukan hal serupa untuk membobol informasi pribadi kamu.

Apple juga kabarnya sudah menutup celah keamanan tersebut di iOS 12.1 Beta ya. Dalam waktu dekat update tersebut akan tersedia untuk pengguna umum. Sebagai tindakan untuk menambah keamanan, pengguna bisa melakukan akses berikut ini di aplikasi Settings.

Silakan masuk ke Settings – Face ID & Passcode – Siri – OFF. Pengaturan ini akan mematikan fitur Siri ketika layar ada dalam mode terkunci. Sebagai tambahan, kamu juga bisa memberikan akses kode kunci keamanan untuk data di aplikasi Notes dengan pengaturan Settings – Notes – Password.

Cara Menambahkan Orang Kedua untuk Face ID Di iOS 12


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest