Follow Us

8 Perbedaan Penting iPhone Xr dan iPhone Xs

Bagus Hernawan - Senin, 08 Oktober 2018 | 16:30
8 Perbedaan Penting iPhone Xr dan iPhone Xs

Apple akan segera menjual iPhone Xr tepatnya tanggal 19 Oktober untuk masa pemesanan dan 26 Oktober mulai dijual secara resmi di Apple Store negara yang mendukung. Mungkin kamu masih bingung, apa saja sih perbedaan yang terdapat di iPhone Xr dan iPhone Xs? Tim MakeMac akan membahasnya secara lengkap di artikel ini . Yuk simak langsung!

8 Perbedaan Penting dari iPhone Xr dan iPhone Xs

1. Dimensi Layar

Perangkat iPhone XR punya ukuran diagonal layar 6.1 inci. Resolusi yang digunakan adalah 1792 x 828 piksel dengan 326 ppi (pixel per inch). Ukuran ini bisa dibilang lebih besar sedikit daripada iPhone 8 (1334 x 750 piksel dengan 326 ppi) namun masih lebih kecil jika dibandingkan dengan iPhone 8 Plus atau iPhone Xs.

2. Layar LCD vs OLED

Karena harga iPhone Xr yang lebih murah $250 dibandingkan iPhone Xs, pastinya ada beberapa teknologi dan kemewahan yang dipangkas pada iPhone tersebut. Bagian yang paling kentara adalah penggunaan layar LCD, bukan OLED.

Kehadiran layar LCD ini membuat iPhone Xr hanya menggunakan teknologi Liquid Retina HD display. Sedangkan iPhone X, iPhone Xs dan iPhone Xs Max yang menggunakan layar OLED menggunakan teknologi Super Retina HD display.

Meskipun begitu, layar iPhone XR tetap mendapatkan beberapa fitur terbaru yang dikenalkan Apple sejak beberapa tahun lalu di perangkat iOS. Mulai dari True Tone display serta Wide Color (P3). Namun jika dicek lewat catatan Apple, layar iPhone Xr sudah tidak lagi menggunakan teknologi 3D Touch ya.

3. Kamera Tunggal di Belakang

Setelah layar, Apple memangkas teknologi kamera di iPhone Xr untuk menekan harganya. Jika di iPhone X, iPhone Xs dan iPhone Xs Max ada kamera ganda di bagian belakang, perangkat iPhone Xr hanya punya sebuah kamera saja di sisi belakang. Namun karena menggunakan seperangkat sensor Face ID di bagian depan, posisi Flash Camera di belakang harus menyesuaikan dan diubah menjadi di bagian bawah kamera.

Meskipun hanya menggunakan kamera tunggal, iPhone XR kabarnya tetap dapat menggunakan teknologi Portrait Mode dengan Depth Control serta Portrait Lighting yang dibatasi hanya 3 efek (Natural, Studio, Contour) dan Smart HDR.

Sedangkan di iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone Xs dan iPhone Xs Max mendukung Portrait Lighting dengan efek lebih banyak yaitu Natural, Studio, Contour, Stage dan Stage Mono.

4. Warna

Editor : Bagus Hernawan

Latest