Follow Us

Apple Akuisisi Asaii, Startup Analitik Musik dengan Machine Learning

Bagus Hernawan - Senin, 15 Oktober 2018 | 14:30
Apple Akuisisi Asaii, Startup Analitik Musik dengan Machine Learning

Apple dikabarikan telah melakukan akuisisi untuk startup bernama Asaii. Produk yang dibuat oleh Asaii adalah layanan analitik untuk musik dengan tujuan mencari talenta yang akan segera ngetop. Proses akuisisi ini tidak diumumkan oleh Apple namun menurut sejumlah bocoran informasi, pemilik Asaii mendapatkan nominal di bawah $100 juta.

Cara kerja Asaii adalah mengandalkan teknologi machine learning. Yaitu mengambil data dari sosial media dan layanan streaming musik untuk melihat penyanyi atau grup musik mana yang sedang atau akan segera ngetop. Dengan cara tersebut, pihak musik label yang menggunakan Asaii dapat menentukan program promosi untuk artis tersebut dan membuatnya menjadi idola paling diminati dalam dunia musik.

Kalimat promosi yang digunakan oleh Asaii adalah algoritma mereka bisa membantu musik label untuk menemukan bintang seperti Justin Bieber atau artis yang akan ngetop sejak 10 minggu sebelumnya.

No more manual grunt work. Our machine learning powered algorithms finds artists 10 weeks before they chart. Be ahead of the game.

Baca Juga:

Dengan akuisisi tersebut, Apple kemungkinan akan menggunakan teknologi dari Asaii untuk mengembangkan Apple Music. Yaitu di bagian konten rekomendasi untuk para pengguna atau bagian lainnya. Spotify sebagai pesaing terdekatnya justru menggunakan teknik yang sedikti berbeda. Yaitu langsung bekerjasama dengan artis dan musik label yang lebih kecil untuk mendorong jumlah pendengar lebih banyak.

Asaii adalah salah satu startup yang berdiri di California sejak 2016. Pendirinya adalah kumpulan jenius yaitu Sony Theakanath, Austin Chen, dan Chris Zhang. Mereka sebelumnya pernah bekerja di Apple, Facebook, Uber, Salesforce, hingga Yelp. Kini di profile terbarunya, ketiga orang tersebut sudah memegang jabatan di Apple Music tepatnya sejak tahun 2018.

iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr Tampil di Laman POSTEL


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest