Follow Us

Kenapa Apple Menghapus Magsafe?

Bagus Hernawan - Rabu, 07 November 2018 | 14:11
Kenapa Apple Menghapus Magsafe?

Produk laptop Mac selama ini dikenal dengan aksesoris charger MagSafe yang sangat inovatif menurut saya. Namun sejak tahun 2015 tepatnya di MacBook 12 inci, Apple menghapus teknologi MagSafe.

Lanjut di tahun 2016, MagSafe juga absen dari MacBook Pro Touch Bar dan kini di MacBook Air Retina Display. Secara singkat, sudah tidak ada komputer Mac dengan teknologi terbaru yang menggunakan MagSafe.

Dalam artikel ini tim MakeMac akan mengajak kamu sedikt bernostalgia dengan MagSafe dan menguraikan opini seputar alasan MagSafe dihapus.

Apa Itu Magsafe?

MagSafe adalah teknologi kabel konektor charger dengan kontak magnetik. Kabel ini disematkan pada charger di komputer Mac mulai dari tahun 2006, tepatnya di produk MacBook Pro. Kata MagSafe sebetulnya lebih ditujukan kepada konektor magnetik yang ada di ujung aksesoris charger Mac.

Sehingga ketika Apple menggunakan charger dengan port USB-C di MacBook 12, MacBook Pro dan MacBook Air Retina Display, aksesoris tersebut menggunakan nama USB-C Power Adapter.

Paten untuk MagSafe dipegang oleh Apple dan tidak dibuka untuk pengembang aksesoris pihak ketiga. Karena hal tersebut, kamu tidak akan menemukan aksesoris resmi dari pihak ketiga dengan wujud seperti MagSafe.

Apa sih yang membuat banyak Apple Fanboy sangat jatuh cinta dengan teknologi MagSafe? Tentu saja konektor magnetik yang digunakan. Kamu hanya perlu menggunakan satu tangan saja untuk menghubungkan MagSafe ke port charging di komputer Mac. Begitu pula saat melepaskan.

Kekuatan magnet di MagSafe membuatnya tetap menempel dengan lekat saat mengisi baterai, namun tetap mudah untuk dilepaskan saat sudah selesai kamu gunakan.

Faktor ini juga yang membuat MagSafe akan mudah terlepas saat kamu tidak sengaja menarik kabelnya atau mungkin kabelnya membuat kamu tersandung. Hanya kabel MagSafe saja yang akan lepas dan tertarik, sementara laptop kamu masih tetap duduk manis di meja. Terima kasih untuk MagSafe dan kecerdasan Apple yang membuat teknologi ini.

Sejarah Magsafe

MagSafe generasi pertama hadir pada tahun 2006 pada perangkat MacBook Pro. Bentuknya kotak, ada lampu indikator di kedua sisinya dan 5 buah Pin Out. 4 Pin Out di tepiannya punya ukuran lebih besar dibandingkan di bagian tengah yang berfungsi sebagai Control Pin.

Editor : Bagus Hernawan

Latest