Penjualan iPhone Kalahkan Huawei di ‘Singles Day’ Tiongkok

Selasa, 13 November 2018 | 10:11

Tanggal 11 November atau 11.11 dikenal sebagia Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) jika di Indonesia. Namun di Tiongkok, tanggal 11.11 dikenal sebagai “Singles Day”, yaitu hari diskon besar-besaran dari Alibaba.

Sehari setelah 11.11, Alibaba merilis statistik menarik untuk acara diskon tahunan tersebut. Apple tercatat sebagai merek smartphone paling laris di Singles Day tahun 2018.

Hal tersebut menjadi rekor baru mengingat tahun lalu Huawei sebagai smartphone dari Tiongkok memegang peringkat paling atas. Namun tahun ini mereka harus puas di urutan kedua dan ketiga ditempat oleh Xiaomi.

The U.S. technology giant was one of the 237 brands that surpassed 100 million yuan ($14.36 million) in sales during Singles Day.

Baca Juga:

Alibaba menjelaskan bahwa Apple menjadi salah satu dari 237 merek yang berhasil menembus penjualan 100 juta Yuan atau sekitar $14,36 miliar di Singles Day.

Sayangnya tidak dijelaskan produk iPhone apa yang mendapatkan penjualan paling tinggi. Namun biasanya dalam program diskon seperti ini, produk lawas yang menjadi primadona dan terjual paling banyak.

Neil Shah, tim riset dari Counterpoint Research menjelaskan bahwa ini bisa menjadi tanda positif untuk pasaran Apple di Tiongkok. Karena pengguna di Tiongkok semakin terbuka dengan ponsel berkualitas tinggi dan hal ini menjadi indikasi baik untuk semua jenis smartphone, tidak hanya Apple.

“It’s a positive sign for Apple, because normally Xiaomi or Huawei has been the top brand. This shows the Chinese smartphone users are maturing fast and they are looking to buy more high end devices, which is a good sign not only for Apple but other brands,”

Apple memang masih terus berjuang untuk meningkatkan penjualan di Tiongkok. Dalam catatan kuartal terakhir, pendapatan Apple dari negara Tiongkok telah meningkat 16% setiap tahunnya.

Apple Iconsiam di Bangkok Resmi Dibuka


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Bagus Hernawan