Review Anker PowerCore+ 26800 PD, Power Bank Besar untuk Komputer Mac

Minggu, 18 November 2018 | 12:11

Semua gadget digital pasti menggunakan sumber daya baterai untuk dapat digunakan. Teknologi power bank atau portable charger adalah sebuah hal yang sangat umum di tahun 2018 ini.

Bahkan dengan beragam kemajuan teknologi, sekarang sudah ada power bank yang bisa digunakan untuk mengisi baterai di perangkat laptop.

Salah satunya yang sudah tim MakeMac coba adalah Anker PowerCore+ 26800 PD. Power bank ini punya kemampuan untuk mengisi baterai di MacBook 12 inci, MacBook Pro Touch Bar atau MacBook Air Retina Display lewat port USB-C yang digunakan.

Selain itu ada juga 2 port USB-A yang bisa kamu gunakan untuk mengisi baterai ke iPhone, iPad atau smartphone lainnya.

Dalam artikel ini tim MakeMac akan membagikan review untuk Anker PowerCore+ 26800 PD dalam penggunaan saya selama sepekan.

Spesifikasi Anker PowerCore+ 26800 PD

Produk Anker PowerCore+ 26800 PD adalah sebuah Power Bank dengan kapasitas baterai 26.800 mAH.

Ukuran baterai yang sangat besar dan bisa kamu andalkan untuk portable charger dalam perjalanan selama sepekan, misalnya saat hiking atau berada di daerah yang jauh dari listrik.

Port output yang tersedia di Anker PowerCore+ 26800 PD adalah 2 buah USB-A dan sebuah USB-C. Dalam panduan yang diberikan, setiap port USB-A di power bank ini punya spesifikasi output 5V (maksimal 3A).

Sedangkan USB-C dengan teknologi Power Delivery punya kemampuan output 5V=3A, 9V=3A, 15V=2A, 20V=1.25A dan kemampuan input yang sama.

Sebagai catatan, port USB-C di Anker PowerCore+ 26800 PD dapat digunakan sebagai output atau mengisi baterai ke laptop misalnya dan input untuk mengisi baterai ke power bank ini.

Efisiensi Anker PowerCore+ 26800 PD ada di angka 70% secara maksimal, sama dengan semua seri power bank Anker. Sekitar 30% daya yang tersimpan tidak dapat digunakan alias hilang dalam konversi atau hal teknis lainnya.

Tampilan Anker PowerCore+ 26800 PD

Anker PowerCore+ 26800 PD dijual dalam 2 jenis produk yaitu power bank saja atau bundling dengan Anker 30W Power Delivery Charger.

Jika kamu sudah menggunakan komputer Mac dengan Power Adapter yang menggunakan USB-C, silakan ambil Anker PowerCore+ 26800 PD saja tanpa bundling charger.

Jika belum, saya sarankan untuk membeli charger Anker sekaligus agar dapat mengisi baterainya dalam waktu lebih singkat.

Tampilan Anker PowerCore+ 26800 PD tidak bisa dibilang kecil. Beratnya adalah 580 gram dengan dimensi 17 cm x 7.5 cm x 2cm.

Karena kapasitas baterai yang sangat besar, kamu tidak bisa membawa Anker PowerCore+ 26800 PD untuk perjalanan dalam pesawat domestik.

Baca Juga:

Menggunakan Anker PowerCore+ 26800 PD untuk Mac dan iPhone

Cara menggunakan Anker PowerCore+ 26800 PD untuk mengisi baterai di MacBook Pro Touch Bar sangat mudah.

Karena port USB-C di power bank ini bersifat 2 arah, kamu harus mengaktifkan mode dengan tepat saat ingin menggunakannya. Yaitu tekan dan tahan tombol indikator lampu, baru hubungkan ke kabel USB-C menuju komputer Mac.

Pastikan indikator baterai di komputer kamu ada dalam logo charging (ikon baterai transparan di Menu Bar). Karena jika tidak, artinya kamu sedang mengisi baterai Anker Power Bank menggunakan baterai di MacBook Pro.

Catatan lain yang saya dapatkan dari pengalaman menggunakan Anker PowerCore+ 26800 PD adalah pastikan prosentase baterai di power bank ini ada di atas 30%, saat akan digunakan mengisi baterai di komputer Mac. Karena jika tidak, prosesnya akan terbalik seperti yang saya jelaskan di paragraf sebelumnya.

Dalam hasil percobaan tim MakeMac, Anker PowerCore+ 26800 PD bisa mengisi penuh baterai MacBook Pro Touch Bar 13 inci 2017 dari posisi 20% dalam waktu 4 jam.

Sisa baterai yang ada di lampu indikator menunjukkan sekitar 40%, masih cukup untuk digunakan mengisi baterai di iPhone sebanyak 1–2x lagi.

Sedangkan jika hanya digunakan untuk mengisi iPhone secara berulang-ulang, saya mendapatkan 5x pengisian penuh untuk perangkat iPhone 7 Plus.

Bagaimana dengan kecepatan charging ke Anker PowerCore+ 26800 PD? Saya menggunakan aksesoris Anker 30W Power Delivery Charger dan kabel bawaannya untuk mengisi baterai.

Hasilnya adalah sekitar 4 jam pengisian dari posisi habis hingga penuh. Dengan waktu tersebut, kamu bisa mengisi Anker PowerCore+ 26800 PD di malam hari sebelum tidur dan besoknya dapat kamu gunakan untuk menemani beraktivitas.

Tertarik Membeli Anker PowerCore+ 26800 PD?

Produk Anker PowerCore+ 26800 PD dijual di Indonesia dengan harga sekitar 1.4 juta Rupiah. Produk ini dijual dengan kelengkapan berupa kabel Micro USB, kabel USB-C to USB-C dan sebuah pouch serta kartu garansi.

Kelebihan utama dari Anker PowerCore+ 26800 PD adalah kapasitas baterai yang besar, 3 buah port output (2 USB-A dan 1 USB-C) serta kemampuan untuk mengisi baterai di komputer Mac meskipun perlu waktu sedikit lebih lama dibandingkan Power Adapter bawaan.

5 Kabel Lightning Ekstra Pendek, Cocok untuk Dibawa Bepergian

Editor : Bagus Hernawan