Paten Baru Ungkap Fitur Siri Dapat Digunakan Saat Offline

Senin, 19 November 2018 | 12:11

Sering menggunakan Siri di iPhone, iPad, Mac atau Apple Watch? Pasti kamu tahu bahwa Siri hanya dapat digunakan saat produk Apple terhubung ke koneksi internet.

Namun dokumen paten terbaru menyebutkan bahwa Siri akan dikembangkan untuk dapat digunakan dalam offline mode alias tanpa koneksi internet.

Paten ini menjelaskan secara detail rencana pengembangan teknologi tersebut. Salah satu poinnya adalah penggunaan Siri saat offline dengan module atau sistem terintegrasi untuk menjadi asisten personal yang tidak terhubung ke internet.

Module tersebut akan berisi beragam elemen meliputi speech synthesis, pemrosesan dialog, konversi phonetic alphabet berdasarkan kosa kata standar dan yang dibuat oleh pengguna, serta pemrosesan Natural Language dalam bentuk module.

Jumlah kata yang dikenal dan masuk dalam struktur antrian ini akan menentukan kemampuan Siri untuk dapat digunakan saat tidak terhubung ke internet.

Baca Juga:

Contoh module yang mungkin akan didukung pada masa awal adalah beragam perintah standar yang biasa kamu lakukan. Mulai dari pengaturan alarm, mematikan musik, dan beberapa permintaan standar lainnya.

Sebagai tambahan, Apple juga menuliskan bahwa mekanisme Machine Learning dapat digunakan termasuk dengan proses Natural Language.

Gabungan dari sistem itu akan memahami informasi secara kontekstual. Tujuannya adalah membuatnya sangat berguna untuk menentukan apa yang diinginkan pengguna dari jumlah terbatas pada data perangkat, tentunya saat dalam kondisi tanpa koneksi internet.

Paten yang didaftarkan Apple masih berupa standar awal saja, tanpa penjelasan apakah teknologi ini akan terus dikembangkan hingga tersedia untuk pengguna umum.

Jika teknologi ini resmi rilis, apakah kamu akan semakin sering menggunakan Siri? Bagikan di kolom komentar ya!

Kembangkan Siri, Apple Rekrut Petinggi Kecerdasan Buatan di Google


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan