Mudah, Begini 5 Tips Merawat Baterai iPhone dan iPad Supaya Lebih Awet

Senin, 16 Oktober 2023 | 11:44
MakeMac.grid.id

Makekac - Baterai adalah salah satu komponen di perangkat digital seperti iPhone dan iPad yang sangat kruisial.

Agar dapat berumur panjang, kamu harus merawat baterai iPhone dan iPad dengan cara yang tepat.

Banyak sekali mitos dan salah kaprah mengenai penggunaanperangkat iPhone, termasuk seputar penggunaan baterai.

Dalam artikel ini tim MakeMac akan berbagi 5 tips merawat baterai iPhone dan iPad yang selalu saya lakukan. Yuk simak langsung!

Tips Merawat Baterai iPhone dan iPad

1. Hindari Penggunaan dan Penyimpanan di Suhu Ekstrim

Agar dapat digunakan secara optimal dan baterai awet, perangkat iPhone dan iPad punya aturan suhu ruangan saat digunakan atau disimpan.

Dikutip dari laman Apple, produk iPhone dan iPad dapat digunakan secara optimal dalam suhu 0° sampai 35° C (32° - 95° F). Sedangkan untuk ruang penyimpanan, direkomendasikan ada di suhu –20° sampai 45° C (–4° sampai 113° F).

Kamu juga sangat tidak disarankan untuk menggunakan perangkat iPhone dan iPad dengan suhu lingkunganlebih dari 35° C. Karena suhu di atas 35° C dapat merusak kapasitas baterai di iPhone dan iPad secara permanen.

Sehingga kamu akan menemukan kendala berupa baterai iPhone dan iPad yang usianya menjadi lebih pendek.

Sistem iOS dapat membatasi pengisian di atas 80% ketika suhu baterai terdeteksi di atas batas normal.

Apple juga menyebutkan bahwa menyimpan baterai di lingkungan yang panas dapat membuat perangkat menjadi rusak karena reaksi kimia yang bersifat ireversibel.

Daya baterai yang menurun juga dapat kamu alami saat berada di suhu sangat dingin. Namun hal ini hanya terjadi sementara hingga suhu kembali normal.

Misalkan saat sedang di tempat yang bersalju di luar rumah dan kembali lagi ke dalam rumah.

2. Melepas Case Saat Pengisian Baterai

Apple Store
Apple Store

melepas case hp saat dicas

Beberapa tipe case iPhone atau iPad yang cukup tebal dapat menghasilkan panas yang lebih tinggi saat sedang melakukan pengisian baterai.

Suhu panas berlebihan tadi bisa saja berpengaruh terhadap kesehatan dan kapasitas baterai.

Saya sarankan kamu untuk melepas case yang dapat membuat iPhone mengalami panas berlebihan, saat diisi ulang dalam waktu lama misalkan malam hari.

Baca Juga: Ini Tips Untuk Membeli Kabel Data Lightning iPhone Supaya Baterai Awet

3. Gunakan Kabel dan Power Adapter Berkualitas

CNBC
CNBC

Ilustrasi kabel lightning

Dengan menggunakan kabel dan power adapter berkualitas, kamu bisa mendapatkan jaminan bahwa arus dan daya yang masuk ke baterai iPhoen dan iPad sudah sesuai dengan aturan dari Apple.

Karena arus dan daya yang tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat dapat membuat baterai berumur lebih pendek atau membuat pengisian baterai menjadi lebih lama.

Bahkan di beberapa kondisi, penggunaan power adapter (kepala charger) yang tidak sesuai standar dapat membuat perangkat mengalami kendala akses di bagian layar sentuh.

Yaitu layar seolah sedang ditekan pada bagian tertentu atau secara acak dan atau mengalami panas berlebihan.

Silakan gunakan kabel data dan power adapter bawaan yang ada di perangkat iPhone atau iPad sebagai aksesoris resmi dari Apple.

Jika ingin membeli aksesoris pihak ketiga, pastikan pilih kabel data iPhone yang menggunakan standat MFi (Made for iPhone) dan power adaptor dengan spesifikasi daya output yang sesuai dengan perangkat iOS.

Sebagai saran tambahan, pastikan untuk menghubungkan power adapter dan kabelnya terlebih dahulu ke soket listrik, baru hubungkan ke perangkat iOS.

Cara ini digunakan untuk mencegah masalah lonjakan listrik secara tiba-tiba atau hal buruk lainnya yang dapat merusak perangkat iOS.

4. Optimalkan Pengaturan Brightness dan Low Power Mode

Silakan atur Brightness alias kecerahan layar senyaman yang kamu inginkan untuk membuat baterai tetap hemat di iPhone atau iPad.

Kamu juga bisa menggunakan pengaturan Auto-Brightness di perangkat iOS untuk membuat penyesuaian cahaya layar secara otomatis, sesuai dengan lingkungan sekitar.

Pengaturan Auto-Brightness di iOS 12 dapat kamu temukan pada bagian Settings > General > Accessibility > Display Accommodations > Auto Brightness.

Low Power Mode adalah fitur baru di iOS 9 atau lebih baru yang dapat digunakan untuk menghemat penggunaan baterai di saat kamu perlukan.

Dengan menggunakan Low Power Mode, iOS akan secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar, mengoptimalkan performa perangkat iOS dan mengurangi bagian animasi tampilan.

Aplikasi Mail juga tidak akan mengunduh konten di belakang layar saat menggunakan Low Power Mode. Begitu juga fitur AirDrop dan iCloud Sync serta Continuity yang akan dimatikan secara sementara.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Segera Ganti

5. Hindari Mengisi Baterai Sambil Bermain Games

Proses pengisian di baterai lithium-ion untuk perangkat iPhone dan iPad terdiri dalam 2 cara. Yaitu Fast Charge untuk kondisi 0% hingga 80% untuk kembali memenuhi kapasitas penyimpanan baterai.

Lalu dari 80% hingga 100% menggunakan Trickle Charge yang bekerja dengan cara mengurangi arus listrik yang masuk untuk memperpanjang umur baterai.

Biasanya dalam kondisi ini, iPhone yang sedang melakukan pengisian baterai akan lebih dingin dibandingkan saat charging di kondisi10% misalnya.

Jika kamu menggunakan perangkat iPhone untukbermain games yang memerlukan daya besar sambil mengisi baterai, dikhawatirkan hal ini dapat membuat baterai iPhone cepat rusak atau mungkin komponen lainnya.

Karena di satu sisi iPhone akan menerima daya dari charger dan di sisi lain harus mengeluarkan daya untuk menjalankan games atauaplikasi berat lainnya.

Jika daya yang keluar lebih besar daripada yang masuk, maka proses charging akan berjalan sangat lama dan menimbulkan panas berlebihan.

Kondisi ini dapat merusak baterai iPhone dan iPad jika dilakukan terus menerus.

Indikator Baterai Normal di iPhone dan iPad

ZDNet

indikator baterai iphone

Bagaimana sih kondisi normal dari baterai iPhone dan iPad yang harus kamu tahu? Berikut ini daftarnya:

  • Perangkat berjalan dengan normal saat melakukan pengisian baterai, tidak mengalami panas berlebihan atau hal aneh lainnya.
  • iPhone atau iPad tidak mati mendadak ketika indikator baterai ada di angka 10%, 20% atau lainnya.
  • Battery Health (iOS 11.3 atau lebih baru) ada di atas 70% atau tidak menambilkan keterangan Performance Management Protection.
  • Apple menjelaskan bahwa baterai yang normal dapat mempertahankan Battery Health di atas 80% pada kondisi di bawah 500 charge cycle. Anggap saja 1 charge cycle adalah 1x charging dalam sehari, sehingga artinya kondisi baterai disebut normal jika dalam 1.5 tahun penggunaan masih memiliki Battery Health di atas 80%.

Punya Tips Merawat Baterai iPhone dan iPad?

Dari catatan di atas, apakah kamu punya catatan tambahan untuk merawat baterai iPhone dan iPad yang belum saya tuliskan?

Silakan tambahkan di bagian komentar artikel ini ya atau mention ke Twitter @MakeMac!

Baca Juga: Inilah Hasil Uji Ketahanan Baterai iPhone 13 Series, Super Irit!

Editor : optimization

Baca Lainnya