Harus Tahu, Ini 7 Hal Penting Mengenai Apple Care Untuk Komputer Mac

Senin, 23 Oktober 2023 | 11:55

Makemac - Setiap komputer Mac dibekali dengan garansi perangkat secara internasional dalam batasan waktu 1 tahun.

Namun sebetulnya Apple punya program bernama AppleCare+ yang berhubungan dengan perpanjangan garansi dari produk komputer Mac.

Dalam artikel ini tim MakeMac akan membahas AppleCare+ secara lengkap dan biasa ditanyakan oleh pengguna Mac pemula atau baru. Simak langsung ya:

1. Apa itu AppleCare+?

AppleCare+ adalah layanan tambahan untuk memperpanjang garansi produk Mac, hingga 3 tahun sejak produk tersebut kamu beli.

Sebagai contoh saat kamu membeli MacBook Pro pada Januari 2019, garansinya akan berakhir pada Januari 2020.

Namun jika kamu menggunakan AppleCare+, layanan garansi MacBook Pro tersebut akan berakhir pada Januari 2022.

Tambahan lainnya, kamu bisa mendapatkan layanan prioritas setiap saat untuk menghubungi Apple Support, 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu.

2. Perlindungan Apa Saja yang Diberikan AppleCare+ ?

Dengan membeli AppleCare+, kamu akan mendapatkan perlindungan penuh untuk komponen ini:

  • Komputer Mac
  • Baterai
  • Aksesoris yang diberikan dalam penjualan (Power Adapter)
  • RAM
  • AirPort
  • SuperDrive
  • Perlindungan untuk 2 insiden kerusakan yang tidak disengaja, masing-masing dikenakan biaya layanan sebesar $99 untuk kerusakan layar atau hal lain yang ada di bagian luar (eksternal. Sedangkan kerusakan lainnya menggunakan biaya tambahan $299.

3. Berapa Harga AppleCare+ ?

Harga pembelian AppleCare+ tergantung jenis komputer Mac yang kamu gunakan. Dikutip dari laman Apple Support, berikut ini daftarnya:

- AppleCare+ MacBook = $249 - AppleCare+ MacBook Air =$249 - AppleCare+ MacBook Pro 13 inci = $269 - AppleCare+ MacBook Pro 15 inci = $379 - AppleCare+ Mac Mini = $99 - AppleCare+ iMac = $169 - AppleCare+ Mac Pro = $249 - AppleCare+ iMac Pro = $169

4. Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli AppleCare+ ?

AppleCare+ harus dibeli bersamaan dengan komputer Mac atau maksimal 60 hari setelah membeli komputer Mac dengan syarat sebagai berikut:

  • Beli lewat Apple Online Store, pengguna harus melakukan verifikasi garansi lewat Serial Number dan menjalankan proses remote diagnostic.
  • Beli di Apple Store, pengguna harus menunjukkan bukti pembelian dan ada proses inspeksi fisik komputer Mac.
  • Beli lewat layanan Apple Support via telepon (hanya ada di negara tertentu). Pengguna harus menunjukkan bukti pembelian dan menjalankan proses remote diagnostic.
Baca Juga: Cara Menghubungi Apple Support dan Tips Penting yang Wajib Kamu Tahu

5. DapatkahMembeli AppleCare+ Secara Berulang di Komputer Mac?

Tidak bisa, AppleCare+ hanya bisa dibeli sekali untuk setiap sebuah komputer Mac.

Waktu pembelian dan aktivasi juga maksimal 60 hari saja setelah produk diaktifkan dan garansinya berjalan di web Check Coverage Apple.

6. Apakah Penting untuk Membeli AppleCare+ ?

Dari pengalaman saya, kerusakan berat atau hal buruk lainnya seputar perangkat keras komputer biasa terjadi di tahun kedua atau tahun ketiga.

Anggap saja biaya paling besar yang harus kamu bayarkan untuk perbaikan adalah sekitar 50% dari harga pembelian komputer Mac. Ingat, ini untuk sekali perbaikan ya, jika terjadi 2x atau lebih silakan kamu hitung saja.

Sedangkan harga AppleCare+ dari daftar di atas, hanya sekitar 25% atau lebih murah dibandingkan harga komputer Mac.

Jika kamu sudah menggunakan AppleCare+, tidak perlu berpikir lagi untuk mengeluarkan biaya perbaikan komputer Mac jika misal terjadi sebuah kendala hardware berat di tahun kedua atau bahkan tahun ketiga.

7. Apakah AppleCare+ Bisa Menambah Harga Penjualan Mac Bekas?

Ya, bisa. Pemilik komputer Mac yang menggunakan AppleCare+ biasanya berani memasang harga lebih tinggi di pasaran dibandingkan produk serupa yang sudah tidak dalam perlindungan garansi.

Sebagai catatan tambahan, proses klaim komputer Mac yang menggunakan AppleCare+ juga tidak perlu syarat khusus. Cukup bawa unit yang bermasalah ke Apple Store atau Apple Authorized.

Apakah Kamu Menggunakan AppleCare+ ?

Saya pribadi pernah menggunakan komputer Mac yang membeli layanan tambahan AppleCare+ yaitu MacBook White tahun 2008.

Garansi komputer tersebut harusnya berakhir di tahun 2009. Namun karena menggunakan AppleCare+, saya bisa mengklaim kerusakan keyboard di akhir tahun 2010 dan tidak perlu membayar sepeserpun.

Sebagai tambahan, AppleCare+ sebetulnya juga tersedia untuk produk Apple selain komputer Mac. Misalkan iPad, iPhone, Apple TV dan lainnya. Info lengkapnya dapat kamu baca di laman Apple Support.

Apakah ada Sahabat MakeMac yang menggunakan komputer Mac dengan perlindungan AppleCare+? Bagikan pengalaman kamu ya!

Baca Juga: Begini Cara Mengganti Search Engine di iOS dan MacOS, Gampang Banget

Editor : optimization

Baca Lainnya