Perang dengan Apple, Spotify Ajukan Keluhan Anti Monopoli di Komisi Eropa

Kamis, 14 Maret 2019 | 16:39

Daniel Ek, CEO Spotify

Spotify telah mengajukan keluhan antimonopoli kepada Komisi Eropa kepada Apple.

Daniel Ek selaku CEO Spotify mengatakan bahwa mereka ingin Apple bersikap lebih adil kepada para pengembang di App Store dan mengubah beberapa aturan di dalam toko aplikasinya

Berikut ini beberapa permintaan Daniel Ek untuk dapat dilakukan oleh Apple:

  • Semua aplikasi di App Store harus bersaing secara adil, tidak berdasarkan siapa pemilik App Store. Apple Music tidak boleh mendapatkan fitur istimewa semata-mata karena layanan ini milik Apple. Contohnya adalah integrasi Apple Music ke watchOS dan HomePod sementara Apple tidak membuka fitur ini ke Spotify.
  • Konsumen di App Store harus punya pilihan sistem pembayaran yang adil. Tidak hanya terbatas pada sistem pembayaran dengan sistem in-app purchase yang dibuat oleh Apple.
  • App Store tidak boleh mengendalikan komunikasi antara pengembang aplikasi dan konsumen. Hal ini termasuk pembatasan yang tidak adil pada bagian pemasaran dan promosi.
Baca Juga: Spotify Premium Gandeng Hulu untuk Bonus Pelanggan Baru di AS

Apple memang tercatat “tidak adil” kepada Spotify sejak beberapa tahun lalu. Terutama setelah Apple Music rilis, promosi dan fitur baru yang diajukan Spotify sering mendapat penolakan oleh Apple.

Jika kamu intip di laman Time To Play Fair, ada catatan lengkap mengenai beberapa hal yang dirasa tidak adil dan telah dilakukan Apple kepada Spotify.

Beberapa contohnya adalah Siri, watchOS dan HomePod yang tidak mendukung Spotify, aturan pembagian keuntungan 30% untuk App Store dalam fitur in-app purchase dan beragam lainnya.

Bagaimana pendapat kamu mengenai perang Spotify dan Apple? Pihak mana yang akan menang di Komisi Eropa? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya