Konten Apple News+ Bisa Dijebol dengan Mudah, Apple Belum Siap?

Rabu, 27 Maret 2019 | 16:14

Apple News+

Layanan berlangganan majalah dan koran digital dari Apple News+ sudah dapat dinikmati oleh pengguna di Amerika Serikat dan Kanada, sehari setelah Apple Event 25 Maret 2019.

Satu hal yang selalu menjadi momok menakutkan untuk penerbit konten majalah digital adalah standar keamanan yang dimiliki penyedia layanan.

Yaitu ketakutan dari masalah pembajakan atau ripping konten dokumen digital, keluar dari aplikasi milik penyedia layanan.

Apakah Apple News+ punya standar keamanan tinggi untuk konten digital yang ada di dalamnya? Jawabannya untuk saat ini adalah tidak.

Steve Troughton-Smith, pengembang sekaligus Apple Fanboy yang selalu mengulik beragam hal seputar Apple punya eksperimen yang menghebohkan.

Dia menemukan fakta bahwa dokumen di Apple News+ bisa diambil dengan sangat mudah, bahkan tanpa perlu berlangganan.

Baca Juga: Apple Rilis Apple News+, Langganan Majalah dan Koran Digital dengan Tampilan Terbaik

Dapat kamu baca pada penjelasan di atas, Apple tidak menggunakan SDK FairPlay untuk membuat perlindungan dokumen PDF di Apple News+.

Karena tidak menggunakan FairPlay, dokumen PDF pada beberapa halaman awal dapat diambil lewat pengaturan cache di macOS.

Steve juga menjelaskan dengan berlangganan Apple News+ dan mengetahui beberapa hal seputar sistem dokumen di Mac, kamu bisa melakukan eksperimen untuk mengambil dokumen dari setiap majalah digital di Apple News+.

Bicara tampilan, Steve juga mengulik lebih jauh lagi seputar janji Apple untuk membuat konten di Apple News+ bisa beradaptasi secara maksimal dengan ukuran layar yang kamu gunakan.

Ternyata tampilannya justru terlihat kurang menarik, hanya seperti halaman website yang menggunakan teknologi AMP untuk menjamin kecepatan akses.

Kesalahan ini bisa dibilang sangat fatal untuk Apple News+.

Mengingat bahaya pencurian konten digital bisa membuat Apple dan penerbit tersebut mengalami kerugian besar.

Jika para penerbit mulai tidak percaya dengan Apple, jumlah konten yang tersedia di Apple News+ akan semakin berkurang padahal baru saja resmi dibuka.

Bagaimana tanggapan kamu untuk keamanan Apple News+ yang mengecewakan? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya