Masalah Aktivasi iMessage & FaceTime di Operator Telkomsel dan XL

Senin, 08 April 2019 | 10:48

Aktivasi iMessage

Sejumlah pengguna operator selular dari Telkomsel dan XL Axiata kabarnya banyak yang mengalami kendala terkait aktivasi iMessage dengan nomor telepon.

Hal ini disampaikan oleh sejumlah Sahabat MakeMac di Twitter bersama dengan beberapa pengguna umum lainnya.

Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah akun iMessage tidak bisa diaktivasi kembali dengan nomor telepon mereka, setelah melakukan perjalana keluar negeri (menggunakan Sim Card di negara tersebut).

Masalah kedua adalah tidak bisa melakukan aktivas iMessage secara mendadak, tanpa pernah berganti kartu atau mungkin hanya setelah melakukan Restart.

Baca Juga: Mengatasi Masalah Gagal Aktivasi iMessage dan FaceTime dengan Nomor Telepon di iOS 12

Salah satu Sahabat MakeMac dengan akun Twitter @pojand bahkan telah menghubungi layanan bantuan dari Telkomsel dan Apple Support untuk mencari tahu masalah ini.

Hingga akhirnya dia menemukan catatan di laman Wireless Carrier Support untuk perangkat iPhone di regional Indonesia.

Dalam halaman tersebut dijelaskan bahwa di Indonesia hanya operator Smartfren yang mendukung Wireless Carrier Support.

Yaitu dalam fitur FaceTime over Cellular, LTE, Personal HotSpot, VoLTE, dan Wi-Fi Calling.

Memang tidak ada catatan mengenai dukungan fitur iMessage di halaman tersebut. Namun bisa saja fitur iMessage termasuk dalam teknologi Wireless Carrier Support yang digunakan Apple.

Hingga saat ini belum ada solusi pasti untuk masalah kendala aktivasi iMessage dari provider Telkomsel dan XL Axiata.

Semoga pihak Telkomsel dan XL Axiata dapat segera menanggapi masalah ini atau bekerja sama dengan Apple untuk kendala aktivasi iMessage di Indonesia.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya