Apple Hadapi Investigasi Dugaan Monopoli Oleh Layanan Apple Music

Jumat, 12 April 2019 | 14:05

Apple Music

Apple akhirnya menerima tindakan tegas dari otoritas antitrust Belanda terkait dugaan monopoli pasar yang melibatkan layanan mereka.

Fokus utama dari investigasi ini adalah pada layanan Apple Music dan Apple News. Tapi tidak menutup kemungkinan akan merembet ke layanan aplikasi lain.

Baca Juga : Disney Umumkan Layanan Berlangganan Disney+, Tersedia Akhir Tahun 2019

Bahkan, Google Play Store juga dikabarkan sedang dalam penyelidikan untuk investigasi ini.

Kasus ini berawal dari laporan Spotify kepada European Commission yang menuding Apple Music telah melakukan upaya monopoli pasar layanan aplikasi musik.

The antitrust probe adds to a growing backlash against the tolls Apple and Google charge to developers using their app stores. The EU’s powerful antitrust arm is weighing Spotify’s complaint targeting Apple. This builds on concerns that technology platforms control the online ecosystem and may rig the game to their own advantage

Penyelidikan ini ditangani langsung oleh Authority for Consumers & Markets (ACM) Belanda, mengingat beberapa dugaan pelanggaran terjadi di pasar Eropa.

Laporan Spotify ini berkaitan dengan fakta dimana mereka harus membayar komisi apabila mereka memberikan iklan di Apple Music dengan nilai yang terlalu besar.

Sementara ACM sendiri telah menyampaikan bahwa komisi sebesar 30% di tahun pertama atau 15% di periode pembaharuan dapat merusak kompetisi pasar.

Baca Juga : CleanMyMac X 4.4 Tambah Fitur Space Lens: Pindai dan Hapus Data Mudah

Menanggapi laporan ini, Apple akan secara terbuka mengikuti semua proses penyelidikan dan meyakini bahwa pihaknya memberikan kesempatan yang sama bagi semua developer untuk mengiklankan produknya di platform mereka.(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya