Angela Ahrendts Berbagi Pelajaran Penting dari 5 Tahun Kerja di Apple

Selasa, 07 Mei 2019 | 15:30

Angela Ahrendts

Angela Ahrendts, mantan SVP of Retail di Apple selama 5 tahun telah resmi berhenti kerja di Apple mulai bulan April 2019.

Wanita yang sebelumnya menjabat CEO Burberry ini memutuskan untuk pindah ke Apple sebagai perusahaan teknologi pertama yang dia ikuti.

Baru-baru ini Angela Ahrendts membagikan pengalamannya selama 5 tahun bekerja di Apple lewat podcast Hello Monday milik Linkedin.

Dalam wawancara tersebut, Angela Ahrendts membagikan 3 hal penting dan mendasar yang dia pelajari selama bekerja di Apple.

Yaitu jangan pernah lupa dari mana kamu berasal, bergerak lebih cepat dari yang bisa kamu pahami dan jangan pernah lupa bahwa kamu punya tanggung jawab yang besar.

Angela mengatakan bahwa pengalamannya pertama kali bertemu dengan Tim Cook adalah ketika CEO Apple ini mendengarkan TED Talk dari Angela Ahrendts di tahun 2013.

Baca Juga: Angela Ahrendts Resmi Berhenti Kerja di Apple Mulai Hari ini

Tim Cook bertemu dengan Angela Ahrendts dan berkata bahwa dia seharusnya bekerja di Apple. Kesempatan ini akhirnya diambil Angela Ahrendts dan resmi menjabat sebagai SVP of Retail tahun 2014.

Dalam 6 bulan pertama, Angela Ahrendts tidak banyak tampil di publik atau bercerita apapun.

Dia memilih untuk fokus menjadi pendengar dari tim Retail dan berkeliling dunia untuk mengunjungi 140 lokasi Apple Store di dunia.

Dari pengalaman tersebut, dia banyak belajar dari para karyawan di Apple Store mengenai Steve Jobs dan jangan pernah lupa dari mana kamu berasal.

I could have thrown all that out, but [I thought] no let’s codify that. Let’s protect that. So, my first lesson, what I’ve learned from them after I hit 140 stores (what that taught me) is never forget where you came from, and use that as your foundation.

Baca Juga: 6 Perubahan Besar di Apple Saat Angela Ahrendts Menjabat SVP Retail

Untuk pelajaran kedua yaitu belajar lebih cepat, Angela Ahrendts mempraktekkan hal ini dengan menghapus banyak panduan untuk karyawan atau pengguna.

Sebagai gantinya, konten dalam bentuk video singkat menjadi acuan untuk para pengguna baru atau pelatihan dari karyawan Apple yang baru bergabung.

Sedangkan untuk pelajaran ketiga yaitu tanggung jawab yang besar, Angela Ahrendts menjelaskan bahwa tujuan utama Apple Store tidak hanya menjual produk.

Tetapi juga memperkaya kehidupan para pengguna, kemanusiaan, peduli terhadap alam dan beragam pencapaian besar lainnya.

Angela Ahrendts digantikan oleh Deirdre O’Brien yang sekarang telah bekerja di Apple dalam kurun waktu lebih dari 30 tahun.

Beragam pencapaian dari Angela Ahrendts masih dapat kamu lihat saat ini seperti Today at Apple dan Apple Online Store yang selalu sigap di masa pemesanan produk iPhone setiap tahunnya.

Jika kamu ingin menyimak podcast Hello Monday dalam episode wawancara Angela Ahrendts, silakan akses di tautan berikut ini.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya