Setelah Jepang, iOS 13 Juga Mampu Membaca Chip NFC pada KTP di Jerman

Selasa, 18 Juni 2019 | 17:05

Apple Store di Dusseldorf, Jerman

Beberapa saat yang lalu, pemerintah Jepang memberikan akses kepada iOS 13 untuk melakukan scanning ke kartu tanda penduduk mereka.

Langkah itu diambil pemerintah Jepang demi kemudahan birokrasi juga melihat makin banyaknya pengguna iPhone di negaranya.

Sejalan dengan Jepang, kini pemerintah Jerman melalui The Federal Ministry of the Interior (Kementerian Federal Dalam Negeri) juga akan menerapkan sistem serupa.

Baca Juga: iOS 13 Mampu Membaca Chip NFC Pada KTP di Jepang

Nantinya semua iPhone yang sudah menggunakan iOS 13 akan mampu melakukan scanning kepada kartu tanda penduduk di Jerman.

Sama seperti Jepang, kartu tanda penduduk di Jerman juga dilengkapi dengan chip NFC yang berisi data pemilik secara lengkap.

Pengintegrasian antara pemerintah dan Apple ini diharapkan akan mempermudah segala urusan warga Jerman.

Sistem ini juga akan dioptimalkan ke beberapa sektor terutama yang berkaitan dengan verifikasi data warganya.

Baca Juga: Apple Resmi Perkenalkan Stiker NFC Untuk Permudah Akses Apple Pay

The Federal Ministry of the Interior, for construction and homeland welcomes this important step. This will soon allow users of Apple’s mobile devices to benefit from digital sovereign applications such as ID, ePass, and eVisum [including] in person checks at international airports

Terlebih lagi, Kementerian Dalam Negeri Jerman juga mengakui bahwa masyarakatnya punya tingkat aktifitas yang tinggi secara virtual.

Pertumbuhan ekonomi warga juga menunjukkan tren yang positif sejak sistem perdagangan online makin marak digunakan.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya