Cara Daftar Public Beta untuk Mencoba iOS 13, iPadOS, macOS Catalina

Jumat, 21 Juni 2019 | 15:24

Dalam WWDC 2019, Apple menjelaskan bahwa sistem operasi iOS 13, iPadOS dan macOS Catalina versi Public Beta akan rilis pada bulan Juli.

Public Beta adalah versi uji coba alias Beta untuk sistem operasi milik Apple yang dapat diunduh oleh pengguna umum.

Berbeda dengan Developer Beta yang memerlukan akun Apple Developer ($99 per tahun), Public Beta bisa diikuti secara gratis dan biasanya sudah lebih stabil.

Bagaimana cara mendaftarkan diri di Apple Beta Software Program untuk dapat segera mengunduh iOS 13, iPadOS atau macOS Catalina versi Public Beta? Simak panduan berikut ini.

Cara Daftar di Apple Beta Software Program

  1. Masuk ke laman beta.apple.com.
  2. Tekan tombol Sign Up atau Daftar di bagian tengah bawah.
  3. Masuk dengan akun Apple ID yang kamu gunakan.
  4. Beri persetujuan untuk informasi yang diberikan okeh Apple di laman berikutnya.
Baca Juga: Daftar Perangkat iPhone, iPod, iPad yang Mendukung iOS 13 dan iPadOS

Selesai, sekarang kamu tinggal menunggu Apple merilis iOS 13, iPadOS dan macOS Catalina dalam versi Public Beta. Pemberitahuan paling cepat biasanya akan dikirimkan lewat email.

Jika sudah rilis, silakan masuk ke laman beta.apple.com dari perangkat yang akan kamu gunakan untuk mendapatkan update Public Beta.

Lakukan proses Enroll Device atau mengunduh Public Beta Profile dan dapatkan update sistem operasi baru dalam label Public Beta.

Berikut ini beberapa hal penting yang harus kamu tahu sebelum mencoba sistem operasi versi Public Beta:

  • Meskipun bernama Public Beta, masih sangat mungkin terdapat beberapa bug system atau masalah kompatibilitas aplikasi pihak ketiga. Sebaiknya jangan instal Public Beta di perangkat gadget harian.
  • Sebagai pengguna Public Beta yang baik, bantu Apple dengan melaporkan error, masalah kompatibilitas atau bug system yang kamu temukan lewat aplikasi Feedback Assistant.
  • Public Beta akan mendapatkan update reguler untuk menyempurnakan sistem operasi tersebut. Jangan lupa untuk mengecek bagian Software Update secara berkala dan mengunduh update terbaru.
  • Versi terakhir dari Public Beta dan Developer Beta adalah Golder Master. Biasanya versi rilis untuk pengguna umum (final) akan identik dengan Golden Master.
  • Jika kamu ingin berhenti menggunakan Public Beta, hapus Profile yang sudah diinstal di perangkat dan tunggu update untuk pengguna umum rilis.
Punya pertanyaan atau ingin membagikan informasi tambahan untuk Apple Beta Software Program? Tulis di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya