Mengenal Proses Kerja App Review, Pengambil Keputusan Konten App Store

Senin, 24 Juni 2019 | 10:30

App Store

Mungkin kamu tidak sadar bahwa konten aplikasi dan games di App Store selalu terkurasi dengan baik dan akurat.

Hal ini bisa terjadi karena Apple sangat serius dalam melakukan filterisasi aplikasi dan games yang didaftarkan ke App Store, baik untuk iOS, watchOS, tvOS atau macOS.

Sebelum resmi tampil di App Store, ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk menguji standar kelayakan dan memenuhi peraturan yang ada di Apple.

CNBC membagikan catatan mengenai tim App Review yang bertugas sebagai pengambil keputusan untuk konten di App Store.

Mengenal Tim App Review

Tim App Review bertugas untuk melakukan pengecekan dari aplikasi yang sudah didaftarkan untuk rilis di App Store oleh para pengembang di Apple Developer.

Karyawan di divisi ini bekerja dengan gaji yang dihitung berdasarkan jam kerja. CNBC juga menjelaskan bahwa tim App Review punya tanda pengenal karyawan resmi Apple, mendapatkan asuransi kesehatan dan lain sebagainya.

Proses kerjanya adalah melihat konten aplikasi dan games lewat web portal di perangkat komputer Mac, dikenal dengan nama App Claim.

Terkadang mereka juga harus menggunakan perangkat iPad untuk mencoba aplikasi tersebut secara langsung.

Beberapa aplikasi yang hanya mendukung iPhone juga dibuat untuk dapat berjalan di perangkat iPad demi mempemudah proses pengujian.

Proses pengujian dasar yang diperlukan adalah memastikan aplikasi bisa dibuka dan diakses secara lancar. Selain itu aplikasi di App Store juga harus memenuhi standar App Store Guidelines dan tidak mengandung konten serta kegiatan ilegal.

Nantinya setelah karyawan di tim App Review naik jabatan menjadi senior, jenis aplikasi yang diuji bisa bertambah kompleks. Misalkan aplikasi dengan fitur in-app purchase, aplikasi di watchOS, tvOS dan beberapa lainnya.

Setiap harinya, seorang karyawan di tim App Review punya tugas untuk memastikan 50–100 aplikasi yang akan masuk ke App Store.

Baca Juga: Kini, Download Aplikasi di App Store Gunakan Data Selular Tak Dibatasi

Jika Aplikasi Ditolak?

Bagaimana jika aplikasi tidak lolos dalam pengujiannya? CNBC menuliskan bahwa sekitar 40% aplikasi yang didaftarkan akan ditolak oleh tim App Review.

Pengembang aplikasi akan mendapatkan notifikasi mengenai hal tersebut dan bisa memperbaiki beberapa hal yang diperlukan, setelah itu mereka dapat mengajukan pendaftaran ulang.

Namun ada juga beberapa aplikasi yang ditolak padahal tadinya bisa diterima oleh Apple. Contohnya adalah aplikasi yang ada dalam zona abu-abu atau agak diragukan mengenai pelanggaran konten dan peraturan yang dilakukan.

Jika hal ini terjadi, ada divisi ERB (Executive Review Board) yang akan berkumpul dan mengambil keputusan terkait hal tersebut. ERB dipimpin oleh Phil Schiller, SVP of Marketing di Apple yang rutin mengadakan rapat mingguan meskipun sangat jarang bertemu dengan para timnya.

Pihak Apple akan menghubungi developer yang aplikasinya ditolak dan perlu penjelasan lebih lanjut dengan sesi telepon. Setiap minggunya, Apple melakukan lebih dari 1.000 panggilan telepon untuk hal tersebut.

Baca Juga: iOS 13 Beri Peringatan Saat Hapus Aplikasi dengan Layanan Berlangganan Aktif

Akhir Kata

Perkembangan konten di App Store memang sangat pesat dan harus selalu dijaga oleh Apple dengan bantuan tim App Review.

Saat ini Apple punya ratusan karyawan di bagian tim App Review dan tersebar di beberapa negara. Dua kantor baru untuk tim App Review yang baru saja dibuka ada di Cork, Irlandia dan Shanghai, Tiongkok.

Sedangkan untuk kantor utamanya ada di daerah Sunnyvale, California, Amerika Serikat.

Apakah kamu berminat untuk menjadi tim App Review di Apple? Bagikan pendapat kamu ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya