Kode Program di iOS 13 Punya Fitur Deteksi Foto Anjing dan Kucing

Kamis, 27 Juni 2019 | 14:05

Dalam iOS 13, ada sebuah fitur baru yang disematkan oleh Apple dan dapat dimanfaatkan oleh para Apple Developer untuk mendeteksi foto anjing atau kucing.

Fitur ini tersimpan dalam framework bernama VNAnimalDetector.

Dikutip dari CNBC, cara kerjanya adalah membuat garis kotak digital pada sebuah gambar yang mengandung hewan dan memberi label sebagai anjing atau kucing.

The software, called VNAnimalDetector, basically draws a digital rectangle around any part of a photograph containing an animal and labels it as either a cat or dog.

Baca Juga: Dengan iOS 13, Kamu Bisa Kirim E-Book ke Kindle Lebih Mudah

Sebagai catatan, teknologi ini tidak dihadirkan dalam sebuah aplikasi baru namun berupa Framework yang dapat dimanfaatkan oleh pengembang aplikasi.

Framework ini menunjukkan bahwa Apple punya upaya baru untuk implementasi Machine Learning yang rumit dan mengemasnya sebagai bagian dari sistem operasi untuk iPhone.

Laman sumber berita juga menjekaskan bahwa implementasi VNAnimalDetector tidak rumit. Pengembang aplikasi yang ingin memanfaatkan teknologi ini hanya perlu menambahkan 4 baris kode program di aplikasi mereka.

Misalkan aplikasi galeri foto untuk hewan kesayangan, sosial media untuk hewan dan mungkin beragam lainnya.

Sebetulnya untuk teknologi deteksi foto hewan, aplikasi Photos sudah mendukung hal tersebut sejak tahun 2016. Kini akhirnya Apple membuka teknologi tersebut dan menyempurnakan lewat Machine Learning di framework VNAnimalDetector.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya