10 Produk Apple Hasil Desain Jony Ive, Dari iMac Hingga Apple Park

Jumat, 28 Juni 2019 | 13:42

Jony Ive mundur dari Apple dan berencana fokus di perusahaan desain LoveForm buatannya mulai tahun depan.

Selama hampir 30 tahun bekerja di Apple, ada beragam produk yang dibuat oleh Ive dan tim desainnya. Berikut ini 10 produk Apple yang paling penting dalam sejarah Apple dan dibuat oleh Jony Ive.

1. iMac G3

iMac G3

Jony Ive bekerja di Apple hampir bersamaan dengan Steve Jobs kembali menjabat sebagai CEO.

Keduanya berkolaborasi untuk membuat produk iMac G3 sebagai komputer pertama di dunia yang hadir dalam beragam pilihan warna cerah.

Karena iMac G3, Apple meraih kesuksesan pertama setelah hampir 10 tahun dilanda penjualan yang lesu dan hampir bangkrut.

Produk iMac G3 rilis dalam beberapa generasi selama 3 tahun, penyempurnaan yang diberikan ada di sektor hardware dan total menghadirkan sekitar 10 warna berbeda.

2. iBook G3

Selain iMac G3 yang penuh warna, produk berikutnya yang dibuat oleh Jony Ive dengan pakem desain yang sama adalah iBook G3.

Jony Ive mendesain iBook G3 sebagai laptop yang penuh gaya dan bisa dijinjing tanpa perlu aksesoris atau tas tambahan, berkat engsel di bagian luar yang memiliki pegangan.

iBook G3 juga menjadi satu-satunya laptop Apple yang menggunakan desain logo Apple terbalik saat digunakan, sehingga membuatnya tepat saat dijinjing.

Desain hardware paling unik dari iBook G3 adalah tidak memiliki kipas pendingin yang kembali diadaptasi oleh Apple pada MacBook 12 inci.

3. PowerBook Titanium

Sukses mengeksplorasi produk dengan beragam warna cantik, Jony Ive kembali membuat desain yang tidak biasa untuk produk Apple.

Yaitu menghadirkan PowerBook Titanium yang disebut sebagai laptop pertama di dunia dengan bahan logam.

Desain ini meninggalkan beragam laptop lain yang masih menggunakan bahan plastik tebal dan berat.

Kabarnya untuk membuat desain PowerBook Titanium secara detail dan minimalis, Jony Ive harus pergi ke Jepang dan belajar ke pembuat samurai selama hampir satu tahun.

4. Power Mac G4 Cube

Produk fenomenal berikutnya yang didesain oleh Jony Ive adalah Power Mac G4 Cube di tahun 2000.

Sesuai namanya, komputer ini berbentuk kotak dengan bahan aklirik transparan yang membuatnya sangat berbeda dibandingkan komputer lain pada jamannya.

Sayangnya Power Mac G4 Cube disebut gagal karena harganya terlalu mahal, spek rendah dan ada masalah kaca aklirik yang mudah retak.

Namun desain dari Power Mac G4 Cube kini kembali diusung oleh Apple di Mac Pro 2019. Tepatnya adaalh di lubang ventilasi yang disempurnakan.

5. iPod

Sejarah dunia pemutar musik portabel memang dipegang oleh Sony Walkman. Namun bicara pemutar musik portabel paling terkena di dunia, pasti kamu setuju jika saya menyebut produk iPod.

Perangkat iPod pertama kali dirilis dengan ukuran 5GB dan ukuran cukup tebal. Konektor yang digunakan adalah Firewire dan cara memasukkan lagu harus menggunakan iTunes.

Jony Ive membuat desain iPod pertama yang terinspirasi dari radio saku merek Braun.

Radio Braun dan iPod

Bedanya iPod menggunakan click wheel sebagai kendali utama yang terus digunakan Apple hingga produk iPod Nano.

Masih sepaket dengan iPod, Apple juga menciptakan tren earphone dengan kabel warna putih.

Desain ini mendobrak pakem di dunia musik yang selama ini ingin “menyembunyikan” kabel earphone dan Apple membuatnya tampak sebagai instrumen penikmati musik yang akrab dengan iPod.

6. iPhone

iPhone

Perangkat iPhone yang hadir di tahun 2007 juga menjadi salah satu produk buatan Jony Ive yang paling penting.

Kesuksesan iPhone telah membuat dunia ponsel punya standar baru yaitu layar penuh, tombol minimalis dan layar sentuh yang mendukung gesture beberapa jari.

Hal paling berkesan dari peluncuran iPhone adalah saat Steve Jobs melakukan demo fitur telepon dan menghubungi Jony Ive yang ada di depan panggung.

7. iOS 7

Jony Ive memegang perang penting dalam desain sistem operasi iOS 7 yang meluncur di tahun 2013.

Desain yang paling menonjol dari iOS 7 adalah menghapus antarmuka dengan teman skeuomorphic, mengubahnya dengan flat design.

Sistem operasi iOS 7 juga memberikan warna pastel, antarmuka transparan, dan homescreen yang sepenuhnya baru.

Dalam pengenalannya, Jony Ive mengatakan bahwa iOS 7 membuktikan bahwa tampilan yang sederhana dapat membantu pengguna menyelesaikan beragam hal yang kompleks.

8. MacBook Pro Unibody

Setelah era MacBook White dan MacBook Pro Aluminium, Apple beralih ke desain MacBook Pro Unibody.

Disebut Unibody karena desain rangka utama dibuat dari sepotong logam yang dipangkas hingga membentuk lubang tuts keyboard, tempat menempelkan logicboard dan beragam hal lainnya.

Desain ini terus dibawa oleh Apple hingga 2015 dan beralih ke MacBook Pro Touch Bar pada tahun berikutnya.

9. Apple Watch

Kehadiran Apple Watch menjadi era baru dari jam tangan pintar yang ada di dunia.

Desain kotak, integrasi dengan iOS dan beragam sensor cerdas pencatat kesehatan menjadi beberapa hal paling menarik dari Apple Watch.

Bahkan dalam waktu singkat, Apple Watch berhasil bersaing dengan merek jam mewah seperti Rolex dalam hal pendapatan pada tahun 2017.

Bagi kamu yang belum tahu, Jony Ive pernah memberikan penjelasan lengkap seputar Apple Watch dari proses desain awal hingga beberapa keputusan pentingnya. Simak wawancara Jony Ive di laman Hodinkee untuk kamu yang masih penasaran.

10. Apple Park

twitter.com/Tim_Cook

Pembukaan Apple Park

Apple Park, kantor baru Apple yang berada di Cupertino, California, Amerika Serikt adalah projek paling besar dan mungkin terakhir yang dibuat oleh Jony Ive di Apple.

Kantor pusat Apple ini dikerjakan mulai tahun 2006 saat Steve Jobs masih hidup dan desain besarnya diteruskan oleh Jony Ive.

Wilayah Apple Park terdiri dari beberapa gedung dengan luas utama 2,8 juta kaki persegi yang dapat menampung 10 ribu karyawan Apple.

Salah satu gedung di Apple Park bernama Steve Jobs Theater yang biasa digunakan Apple untuk menghelat beragam pertemuan Apple Event.

Desain paling radikal dari Apple Park adalah kaca transparan yang memutar gedung dan dipesan dari German.

Desain terbaik dari Apple Park adalah kemampuan untuk menyimpan dan menggunakan listrik dari solar panel dan 100% menggunakan energi terbarukan.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya