Bergerak Cepat, Zoom Tutup Web Server Mac Untuk Hindari Penyadapan

Rabu, 10 Juli 2019 | 14:05
gadgets.ndtv.com

Zoom bergerak cepat dengan membagi patch untuk menutup celah keamanan

Aplikasi video call Zoom pada Selasa, 9 Juli 2019 kemarin mendeteksi adanya celah keamanan pada aplikasi untuk Mac.

Bergerak cepat, Zoom membagikan patch untuk mengamankan celah tersebut pada Rabu, 9 Juli 2019 kemarin.

Patch tersebut berfungsi untuk menutup lokal server (local web server) dan celah keamanan.

Baca Juga: Awas! Aplikasi Zoom for Mac Bisa Mencuri Akses Kamera Komputer

Patch ini diumumkan melalui laman blog resmi Zoom hanya beberapa saat setelah celah keamanan diekspos oleh berbagai media.

[UPDATE 2:35 pm PT, Tuesday 7/9] The July 9 patch to the Zoom app on Mac devices detailed below is now live. You may see a pop-up in Zoom to update your client, download it at zoom.us/download, or check for updates by opening your Zoom app window, clicking zoom.us in the top left corner of your screen, and then clicking Check for Updates.

Zoom memanfaatkan sistem keamanan yang disematkan pada Safari 12 untuk memperkuat jaringan.

Selain menghapus lokal server (local web server), patch yang dibagikan juga membuat pengguna dapat memilih untuk uninstall Zoom dan menghapus semua jejak.

Pada update 12 Juli 2019 mendatang, Zoom juga akan menyematkan fitur baru yang membuat pengguna akan tetap aman dengan memberikan opsi “always turn off my video”.

Pada celah keamanan yang terjadi kemarin, Zoom membela diri dengan mengungkapkan bahwa server hanya merespon permintaan dari komputer pengguna.

Dengan memanfaatkan Safari 12 terbaru, pengguna akan meliahat dialog box muncul apabila ada aplikasi atau website pihak ketiga yang tiba-tiba terbuka.

Dengan sistem keamanan ini, aplikasi Zoom yang kerap berjalan sebagai background process akan memiliki tambahan pengamanan apabila tiba-tiba melakukan panggilan tanpa diminta.

Baca Juga: Peneliti Temukan Celah Keamanan di macOS, Mampu Dimasuki Malware

Seperti diketahui sebelumnya, Zoom, aplikasi video call yang kerap digunakan saat video conference dilaporkan kerap melakukan panggilan tak diinginkan.

appleinsider.com

Melalui patch terbaru, pengguna dapat memilih mematikan kamera peserta atau pemrakarsa video call

Dibagikan oleh seorang penggunanya, Matt Haughey melalui Twitter, ia menyebut bahwa celah keamanan tersebut menakutkannya.

Didukung oleh peneliti keamanan Jonathan Leitschuh, diketahui bahwa celah kemanan tersebut disebabkan oleh sistem server lokal (local web server) yang diinstal Zoom pada setiap komputer Mac.

Padahal, Zoom membuat sistem ini agar pengguna dapat melakukan panggilan dengan lebih cepat melalui sebuah tombol.

Pengguna yang menggunakan Zoom dapat mengunduh patch di sini.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya