iFixit Bongkar MacBook Pro Touch Bar Entry Level, Apa yang Menarik?

Selasa, 16 Juli 2019 | 13:05

MacBook Pro Touch Bar entry level 2019. Image by iFixit

iFixit, website yang menyediakan beragam tutorial untuk membongkar produk Apple dan elektronik lainnya, telah membagikan Teardown dari MacBook Pro Touch Bar entry level 2019.

Dari catatan yang dibagikan, ada beberapa hal menarik dari MacBook Pro Touch Bar entry level dibandingkan komputer Mac generasi sebelumnya.

Pertama, SSD yang digunakan. Jika di MacBook Pro non Touch Baru kamu masih bisa mengganti SSD yang digunakan atau disebut removable part.

Namun di MacBook Pro Touch Bar entry level, SSD dan RAM yang digunakan sudah ditempelkan langsung ke mesin atau mainboard.

Standar ini sudah digunakan Apple sejak MacBook Pro Touch Bar 2016 sebetulnya.

Selanjutnya untuk port Thunderbolt yang digunakan. Apple kali ini menggunakan desain modular untuk port Thunderbolt di MacBook Pro Touch Bar entry level.

Maksudnya adalah kamu bisa membongkar bagian port Thunderbolt ini karena tidak disolder atau menempel langsung ke mesin utama.

This modular Thunderbolt breakout board makes for a nice upgrade—last time, these were soldered to the logic board. This new configuration is more akin to the rest of the modern Pro line.

Baca Juga: (Video) Hands-On dan Unboxing MacBook Pro Touch Bar Entry Level

Bagaimana dengan keyboard yang digunakan? iFixit mencatat bahwa Apple menggunakan Butterfly Keyboard yang sama dengan MacBook Pro Touch Bar 2019 yang rilis beberapa bulan lalu.

As for the keyboard, it’s the same generation 3.5 butterfly switch design discovered in the earlier MacBook Pro refresh back in May

MacBook Pro Touch Bar entry level 2019. Image by iFixit

Yaitu Butterfly Keyboard generasi ketiga yang sudah disempurnakan pada beberapa bagian untuk mencegah tuts macet atau masalah lainnya.

Catatan lain yang diberikan untuk part yang bisa dibongkar dengan mudah untuk MacBook Pro Touch Bar entry level adalah Trackpad, headphone jack, microphone dan konektor Touch ID.

Sedangkan untuk bagian baterai masih tetap ditempelkan ke rangka utama dengan lem, membuatnya sangat sulit untuk dilepas.

Sebagai penutup, iFixit memberikan nilai 2 dari 10 untuk Repairibility Score untuk produk MacBook Pro Touch Bar entry level.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya