Hari Kamis (25/7/2019) lalu, Billboard secara khusus menerbitkan profil dari tokoh penting dibalik kesuksesan Apple Music, yakni Oliver Schusser.
Schusser baru duduk di jabatannya saat ini sejak dipromosikan pada tahun 2018 lalu.
Dalam jangka waktu yang panjang itu, Schusser berhasil mengangkat jumlah pelanggan Apple Music dari 40 juta menjadi 60 juta.
Baca Juga: Apple Music Akhirnya Sukses Capai Target 60 Juta Pelanggan
Angka itu sekaligus menjadi pencapaian terbaru bagi Apple Music yang kini masih cukup sulit mengejar sang pesaing, Spotify.
Di bawah kepemimpinannya ini, Apple Music dirasa semakin berkembang.
Sejumlah rekan kerja Schusser di divisi Apple Music mengungkapkan bahwa ia adalah sosok pemimpin yang terasa seperti teman.
Schusser dinilai sebagai seorang pendengar yang baik dan juga punya banyak inovasi dalam pikirannya.
Baca Juga: Frustasi Tampilan Baru Spotify, Para Pengguna Beralih ke Apple Music
Selain itu, ia juga dinilai sebagai seorang pemimpin yang tenang namun sangat memperhatikan segala hal secara detail.
Executives both inside and outside Apple often describe Schusser as “very German.” Like a Teutonic Barack Obama, he balances an unflappable calm — and an apparent inability to say anything controversial — with an impressive mastery of detail, in this case the inner workings of Apple Music.Menurut Rachel Newman yang menjabat sebagai Global Senior Director of Editorial Apple Music, Schusser juga dikenal sangat dekat dengan para karyawannya.
Ia bahkan tahu tanggal ulang tahun dari para karyawannya.
“He knows more about most people’s teams than they do themselves, in a good way. He knows people’s birthdays. He just has the capacity to deal with the human side of being a leader, as much as he does the strategic and commercial sides. That is what makes him phenomenal.”Beberapa program menarik yang terlaksana di bawah komandonya antara lain adalah memberikan pembaruan konten yang lebih sering, menambahkan top 100 charts serta pembuatan playlist pribadi.
Selain itu Schusser juga menjalin kerja sama dengan American Airlines, Verizon, bahkan Amazon untuk meningkatkan pertumbuhan angka subscribers.
Langkah yang diambil Schusser juga mendapat respon yang sangat positif dari jajaran label musik yang bekerja sama dengan Apple Music.
Ketika ditanyai mengenai masa depan Apple Music, Schusser mengaku sangat optimis.
Baca Juga: Apple Music Segera Rilis Dokumenter Eksklusif Tentang Wiz Khalifa
“Other people have had a lot more experience, a lot more time to test things and to learn, and we’ve caught up really fast. We look at ourselves as an artist-first company, and we want to be the best partners for labels, publishers and songwriters. We’re working with the product and engineering team on our vision and the future for the product. If you do all of these things, the rest will follow.”Schusser juga berjanji untuk akan terus menghadirkan fitur-fitur menarik untuk para pelanggan tanpa terlalu memedulikan jumlah subscribers.
Dengan tegas ia mengatakan kalau dirinya akan membuat Apple Music jadi yang terbaik, bukan yang terbesar.
We just want to be the best; that doesn’t have to be the biggest.