Bocoran Spek iPhone, iPad Pro 2019: 3 Kamera dan Deretan Fitur Baru

Jumat, 23 Agustus 2019 | 15:53

Tim Cook di Apple Event September 2018

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di Apple Event bulan September adalah waktu yang paling dinanti untuk melihat desain iPhone terbaru.

Namun tidak hanya iPhone, kabarnya ada juga produk iPad dan MacBook Pro yang akan dikenalkan dalam waktu dekat.

Jurnalis Mark Gurman dari Bloomberg telah merangkum beragam bocoran untuk jenis produk dan spek yang akan digunakan Apple. Simak catatan lengkapnya!

iPhone 11: “Pro”, 3 Kamera dan Beragam Fitur Baru

Gurman menjelaskan bahwa Apple akan merilis iPhone 11 dalam 3 jenis ukuran, sama persis dengan tahun lalu yaitu iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR.

Salah satu fitur yang rumornya paling kuat akan dihadirkan adalah 3 kamera di bagian belakang.

Kamera ketiga ini akan digunakan untuk mode Ultra Wide, membantu kamu mengambil foto pemandangan dengan area yang lebih luas.

macrumors.com

Kabarnya sensor tersebut akan mengambil 3 gambar bersamaan dan menggunakan teknologi artificial intelligence dan secara otomatis dapat menampilkan objek yang tidak terekam secara sempurna.

Sedangkan untuk fitur video, ada peningkatan di mode retouch, efek video, crop, dan pengaturan frame per second. Intinya Apple ingin membuat hasil kamera video di perangkat iPhone tampak lebih profesional.

Lanjut ke bagian hardware, ada teknologi reverse wireless charging seperti yang sudah diusung oleh smartphone Samsung.

Teknologi ini berguna untuk membantu kamu mengisi baterai ke AirPods Wireless Charging Case dengan menempelkan ke bagian belakang perangkat iPhone.

Lanjut ke warna bodi, Apple rumornya akan memberikan desain yang lebih aman dari goresan dengan finishing matte seperti di perangkat iPhone 7 warna Black.

Di bagian layar juga disebutkan akan ada peningkatan dalam teknologi shatter-resistance alias tidak mudah tergores.

Bagaimana dengan Face ID? Ini bagian favorit saya. Disebutkan bahwa iPhone 11 akan mendukung Face ID dalam beragam sudut pandang (saat mode mendatar misalnya).

Sensor tersebut juga akan ditingkatkan jangkauannya, sehingga kamu bisa membuka kuncian saat perangkat iPhone diletakkan mendatar di atas meja.

Standar sertifikasi tahan air juga akan ditingkatkan, lebih lama dari saat ini yaitu 30 menit di kedalaman 2 meter.

Sayangnya selain penambahan fitur, ada bagian lama yang akan dihapuskan. Rumornya 3D Touch tidak lagi diberikan pada iPhone di tahun 2019. Apple akan beralih sepenuhnya pada Haptic Touch seperti yang sudah diberikan pada iPhone XR.

Bagaimana dengan CPU yang ada di iPhone 11? Apple akan mengusung CPU A13 yang menggunakan bagian “AMX” atau “matrix” co-processor untuk membantu perhitungan tingkat tinggi. Sehingga bagian CPU lainnya bisa memproses tugas lainnya.

Baca Juga: Beragam Rumor iPhone 11: USB-C, Baterai Lebih Besar, Dual Sim

iPad Pro 2019 dan iPad Versi Standar

theverge.com

iPad Pro

Jika iPad Air dan iPad Mini sudah mendapatkan versi baru di awal tahun ini, kabarnya Apple juga akan memberikan versi baru untuk iPad Pro dan iPad (versi standar, paling murah).

Untuk iPad Pro 2019, Bloomberg menjelaskan bahwa fitur baru yang diberikan adalah peningkatan CPU dan kamera. Sedangkan di bagian fisik tidak ada perubahan secara signifikan.

Lalu untuk iPad, akan hadir dalam ukuran layar 10,2 inci. Itu artinya Apple akan resmi membuang ukuran 9,7 inci dari semua perangkat iPad yang ada di Apple.com.

Akhir Kata

Selain produk di atas, Apple kabarnya juga akan segera mulai menjual Mac Pro yang sudah dikenalkan pada WWDC 2019.

Pada ajang Apple Event juga biasanya Apple akan mengumumkan tanggal rilis untuk sistem operasi terbarunya. Yaitu iOS 13, macOS Catalina, tvOS 13, watchOS 6.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya