Pengguna iOS 13.2 Keluhkan Masalah RAM Management, Background App Tidak Berfungsi

By Bagus Hernawan, Jumat, 1 November 2019 | 10:31 WIB

iOS 13

Apakah kamu sudah menggunakan iOS 13.2? Kabarnya sejumlah pengguna sistem operasi terbaru untuk iPhone dan iPad ini menemukan kendala RAM Management yang buruk.

Kendala tersebut ditemukan saat aplikasi berjalan di belakang layar dan kembali digunakan, malah menampilkan bagian Home alias tidak kembali di halaman saat ditinggalkan.

Dikutip dari MacRumors, masalah di RAM Management ini banyak ditemukan pada aplikasi Safari, YouTube, Overcast dan beberapa lainnya.

Pengembang Overcast juga menyampaikan hal ini terjadi sejak iOS 13.2 Beta.

Menurut Marco Arment selaku developer Overcast, iOS 13.2 melakukan proses yang mematikan background app lebih sering daripada sebelumnya.

Marco juga menganalisa bahwa hal ini banyak terjadi di perangkat iPhone 11 yang menggunakan multitasking dengan aplikasi Camera. Kemungkinan hal ini terjadi karena app Camera di iPhone terbaru banyak memerlukan RAM.

Baca Juga: 6 Fitur Baru iOS 13.2: Deep Fusion Hingga Announce Messages with Siri

Keluhan serupa juga sudah banyak dibicarakan di beberapa forum dan blog para pengembang aplikasi iOS.

Diantaranya ada di MacRumors Forum, blog Michael Tsai, forum Reddit dan beberapa lainnya.

Sejauh ini belum ada solusi untuk masalah RAM Management di iOS 13.2 yang dinilai sangat buruk. Semoga Apple dapat segera memberikan klarifikasi atau perbaikan pada update iOS 13 berikutnya.