Review HomePod, Smart Speaker Apple dengan Suara Berkualitas

Rabu, 18 Desember 2019 | 14:40

HomePod

HomePod adalah produk smart speaker buatan Apple yang dirilispada Februari 2018. Meskipun sudah setahun lebih berlalu, produk ini masih juga belum dijual secara resmi di Indonesia.

Tim MakeMac berkesempatan mencoba perangkat HomePod selama sepekan dan ingin berbagi reviewnya kepada para Sahabat MakeMac. Simak langsung ya!

Apa Itu HomePod?

HomePod adalah smart speaker buatan Apple yang mengguakan asisten cerdas Siri sebagai pemroses semua musik, permintaan dan pertanyaan yang kamu berikan.

HomePod menggunakan HomePod iOS 13 atau sistem operasi dengan nomor yang sama dengan update iOS 13. Setiap update iOS 13 atau iPadOS 13 akan memberikan catatan khusus untuk HomePod yang bisa kamu intip di laman berikut ini.

Spesifikasi HomePod

Dikutip dari laman Apple, HomePod menggunakan spesifikasi sebagai berikut:

  • Woofer dengan amplifier khusus
  • 7 tweeter, masing-masing punya amplifier khusus.
  • 6 mikrofon untuk penggunaan fitur Siri dari jarak jauh.
  • Mikforon dengan kalibrasi khusus di frekuensi rendah untuk mengoreksi bass secara otomatis.
  • Mode Stereo untuk pengggunaan dua HomePod.
  • CPU Apple A8.

Cara Awal Menggunakan HomePod

Wajib diketahui, HomePod tidak sama dengan speaker nirkabel yang selama ini mungkin kamu kenal.

Untuk penggunaan awal, HomePod perlu dihubungkan dengan perangkat iOS dalam sebuah jaringan Wi-Fi.

Pastikan juga perangkat iOS tersebut menggunakan iOS 13 terbaru, mengaktifkan iCloud Keychain dan juga Two-Factor Authentication. Jika sudah, silakan dekatkan perangkat iOS ke HomePod hingga tampil gambar Set Up seperti di bawah.

Pengaturan HomePod di aplikasi Home

Proses ini digunakan untuk login Apple ID yang kamu gunakan ke perangkat HomePod.

Setelah melakukan semua pengaturan awal, kamu siap menggunakan HomePod untuk membantu beragam hal seputar mendengarkan musik, menjawab pertanyaan dan mengendalikan perangkat yang mendukung HomeKit.

Cara Memutar Musik di HomePod

HomePod tidak bekerja seperti speaker nirkabel yang selama ini kamu kenal, contohnya yang menggunakan koneksi ke perangkat iOS dengan Bluetooth.

HomePod bisa memutar musik secara otomatis, tidak terikat dengan keberadaan perangkat iOS yang digunakan pada saat awal melakukan sinkronisasi.

Ya, ini karena kehadiran HomePod iOS 13 atau sistem operasi di dalam perangkat HomePod.

Tentunya untuk dapat menggunakan pengalaman terbaik dari mendengarkan musik lewat HomePod, kamu harus berlangganan Apple Music di akun Apple ID yang digunakan.

Bagaimana cara memutar musik di HomePod tanpa perangkat iPhone? Silakan gunakan perintah dari Siri.

Bisa dengan menyebut judul lagu favorit, nama penyanyi atau mungkin Playlist yang sudah kamu buat sebelumnya.

Memutar Musik dari iPhone ke HomePod

Kamu juga bisa mendengarkan musik dari perangkat iOS ke HomePod sebagai speaker utama, dengan teknologi AirPlay.

Saat memutar musik, silakan masuk ke Control Center dan tekan ikon AirPlay di bagian kanan. Tekan ikon bulat kosong di sebelah kanan HomePod.

Jika sudah berhasil, silakan putar musik ke perangkat HomePod dan kendalikan lewat perangkat iPhone.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah melakukan interupsi pada musik yang sedang dimainkan oleh HomePod.

Kamu bisa melakukan cara ini lewat Control Center atau app Music.

Tekan dan tahan kotak Control Center di bagian kanan atas, lalu scroll ke bagian bawah untuk menemukan HomePod.

Hal yang sama juga berlaku di app Music, bedanya adalah akses ini terlihat dari baris Now Playing di bagian bawah.

Karena mode memutar musik ke HomePod menggunakan AirPlay, beberapa aplikasi musik yang tidak mendukung fitur ini tidak bisa berjalan secara maksimal.

Namun secara kelebihan penggunaan AirPlay, hanya suara yang dikirim lewat fitur ini saja yang diputar lewat HomePod.

Itu artinya ketika kamu sedang memutar musik ke HomePod dan menikmati konten Instagram Stories misalnya, suara dari Instagram tidak akan mengganggu atau terbawa ke HomePod.

Mengendalikan Musik dengan HomePod

Ada beberapa cara untuk mengendalikan musik yang sedang kamu putar menggunakan HomePod.

Pertama, gunakan Siri. Berikan perintah seperti “Hey Siri, stop playing music” atau lainnya.

Kedua, gunakan perangkat iPhone. Sebelumnya cara ini sudah kita bahas di bagian atas.

Ketiga, gunakan Touch Surface atau permukaan di bagian atas HomePod. Ada tombol + dan - untuk mengatur volume, tekan dan tahan untuk memanggil Siri, tekan sekali untuk Play atau Pause, tekan 2x untuk Next dan tekan 3x untuk Back.

Kualitas Audio dari HomePod

Selama sepekan menjadi pengguna HomePod, saya sangat menikmati kualitas musik yang dihasilkan oleh speaker ini.

Sektor low atau bass punya karakter yang kuat, namun bagian treble dan detailnya tetap tidak melunak. Saya bisa betah mendengarkan beragam musik R&B, klasik, instrumental dan juga pop dengan suara yang merdu dan detail lewat HomePod.

HomePod juga mendukung spatial awareness yaitu teknologi untuk mengenali ruangan dan memberikan suara terbaik di semua sudut. Dengan teknologi ini, saya bisa mendengarkan suara terbaik di HomePod dalam jarak dekat, atau di sudut ruangan paling jauh.

Fitur yang Belum Saya Coba

Ada beberapa fitur terbaik dari HomePod yang sayangnya belum bisa saya coba.

Contohnya adalah mengendalikan perangkat berbasis HomeKit. Pengguna HomePod dapat menghubungkan perangkat dengan teknologi HomeKit ke app Home di perangkat iOS lalu gunakan perintah suara setiap akan digunakan.

Misalnya untuk lampu ruangan dengan teknologi HomeKit, kamu bisa menggunakan perintah “Hey Siri turn ON lamp on bedroom” atau sejenisnya.

Spatial Awarness di HomePod

Bahkan dengan iOS 13 terbaru, kamu bisa membuat sebuah Automation misalkan ketika tiba di rumah, otomatis lampu menyala dan HomePod memutar musik favorit.

Fitur berikutnya adalah HomePod Stereo. Mode ini memerlukan minimal 2 buah HomePod untuk dapat memutar musik dalam mode Stereo atau mungkin 2 musik berbeda secara bersamaan misalnya di ruangan berbeda.

Bahkan kamu bisa memberikan perintah kepada Siri untuk memutar musik dari HomePod di dapur ke HomePod di ruang tidur misalnya.

HomePod: Suara Terbaik, Dikurung di Ekosistem Apple

Dibandingkan semua smart speaker lainnya, sudah banyak pengamat yang mengatakan bahwa HomePod punya kualitas speaker paling baik.

Namun ada beberapa kelemahan HomePod yang menjadi sorotan dan juga saya rasakan.

Pertama, HomePod hanya bisa digunakan pada ekosistem Apple. Kamu tidak bisa menggunakan HomePod jika tidak punya sebuah perangkat iPhone.

Parahnya lagi, kamu tidak bisa menggunakan HomePod untuk mendengarkan musik secara maksimal dan menikmati Siri, jika tidak berlangganan Apple Music.

Kedua, HomePod menggunakan koneksi ke perangkat lain dengan mode AirPlay dan harus terus menerus terhubung ke Wi-Fi. Ya, bukan Bluetooth seperti pada speaker lainnya,

Terakhir, harga HomePod dianggap terlalu tinggi jika dibandingkan para pesaing lainnya. Saat rilis perdana, Apple menggunakan harga $349 untuk perangkat HomePod. Namun kini Apple mengubah harga HomePod menjadi $299 saja.

Apakah Layak Membeli HomePod?

Jika kamu termasuk Apple Fanboy yang suka mendengarkan musik, berlangganan Apple Music dan punya koneksi internet Wi-FI yang mumpuni, mungkin kamu cocok untuk membeli HomePod.

Jika ingin memaksimalkan penggunaan HomePod, silakan lengkapi dengan membeli beragam perangkat yang mendukung HomeKit atau AirPlay 2.

Sayangnya HomePod tidak dijual di Indonesia karena Siri belum mendukung Bahasa Indonesia. Opsi paling dekat adalah membeli HomePod di Apple Store negaraAustralia atau Hong Kong.

Apakah ada Sahabat MakeMac yang juga menggunakan HomePod? Bagikan review kamu di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya