Amazon, Apple, Google, Zigbee Alliance Kerja Sama untuk Standar Smart Home

Kamis, 19 Desember 2019 | 10:34

Teknologi Smart Home kini sudah semakin maju dan dibutuhkan oleh beragam pengguna.

Namun kendala yang terus dihadapi adalah tidak ada standar internasional yang digunakan, setiap merek masih memegang standar masing-masing. Namun sebentar lagi masalah tersebut dapat diatasi.

Amazon, Apple, Google dan Zigbee Alliance baru saja mengumumkan bahwa mereka akan membentuk kelompok yang akan mengerjakan dan mempromosikan standar terbuka untuk teknologi Smart Home.

Standar terbuka yang dibuat akan meningkatkan kompatbilitas antar perangkat Smart Home, bebas royalti dan menjamin keamanan.

Proyek ini akan diberi nama Connected Home over IP. Misi utamanya adalah menyederhanakan pengembangan untuk produsen dan meningkatkan kompatibilitas bagi konsumen.

Baca Juga: LG Klaim Produksi TV Tahun 2019 Mampu Mendukung AirPlay 2 dan HomeKit

Proyek ini dibangung atas dasar keyakinan bahwa perangkat Smart Home harus aman, handal dan tidak ada kendala saat digunakan.

Dengan membangun berdasarkan Protokol Internet (IP), proyek ini bertujuan untuk memungkinkan komunikasi lintas perangkat Smart Home, aplikasi seluler, layanan cloud dan untuk menentukan serangkaian teknologi jaringan berbasis IP untuk sertifikasi perangkat.

Kelompok ini terdiri dari Apple, Amazon dan Google sebagai perusahaan teknologi yang selama ini mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras untuk Smart Home.

Sedangkan Zigbee Alliance berisi beberapa perusahaan dalam beragam jenis produk seperti IKEA, Legrand, NXP Semiconductors, Resideo, Samsung SmartThings, Schneider Electric, Signify (sebelumnya Philips Lighting), Silicon Labs, Somfy, dan Wulian.

Kerja sama ini akan mengambil pendekatan open-source untuk pengembangan dan implementasi protokol konektivitas terpadu yang baru.

Keputusan untuk memanfaatkan teknologi ini diharapkan dapat mempercepat pengembangan protokol dan memberikan manfaat kepada produsen dan konsumen lebih cepat.

Proyek ini juga bertujuan untuk memudahkan perusahaan manufaktur untuk membangun perangkat yang kompatibel dengan Smart Home dan Voice Assistant seperti Alexa, Siri, Google Assistant, dan lainnya.

Dalam catatan di Newsroom, Connected Home over IP juga menyambut baik jika ada beragam produsen perangkat Smart Home atau pengembang lain yang ingin ikut berpartisipasi. Info lengkapnya dapat kamu baca di laman berikut ini.

Editor : Bagus Hernawan