Mac Pro dengan Sasis Rack Sudah Dapat Dipesan di Apple Store

Rabu, 15 Januari 2020 | 14:50

Mac Pro 2019 tipe Rack

Apple akhirnya merilis Mac Pro dengan sasis Rack. Produk ini sudah bisa dipesan lewat Apple.com dengan harga mulai dari $6499 atau sekitar 90 juta Rupiah.

Berbeda dengan tipe pertama, Mac Pro dengan tipe Rack diletakkan dalam posisi mendatar alias horisontal dan biasa disimpan dalam dudukan rak server.

Secara spek, Apple menjual Mac Pro 2019 tipe Rack sama dengan spek tipe Tower.

Mode konfigurasi hardware yang didukung juga sama, mampu upgrade hingga 1,5TB RAM dan 8TB SSD dengan harga hingga 700 juta Rupiah.

Baca Juga: iFixit Sebut Mac Pro Sebagai Produk Mac Paling Mudah Diperbaiki

Mac Pro 2019 Tipe Rack

Namun secara harga, Mac Pro 2019 dengan sasis Rack dijual lebih mahal hingga $500 dibandingkan tipe Tower.

Jika dicek lewat laman Apple, kemungkinan perbedaan harga ini berlaku karena Apple sudah memberikan aksesoris Rack Mounting Rails dalam paket penjualan. Namun Apple juga menjelaskan bahwa aksesoris ini diberikan dalam kemasan terpisah.

Karena menggunakan desain Rack, jika dicek pada laman Mac Pro, kamu juga tidak bisa memesan roda tambahan yang khusus hanya dapat dikonfigurasi pada Mac Pro 2019 tipe Tower.

Komputer dengan desain Rack biasanya digunakan untuk server. Desainnya dibuat mendatar agar bisa ditumpuk dengan komputer lain dalam rak server.

Biasanya terdapat handle atau pegangan untuk menarik komputer ini keluar dari rak server dan melakukan pengecekan hardware.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya