Desain Baru Apple Maps Rilis untuk Pengguna di Amerika Serikat

Jumat, 31 Januari 2020 | 08:52
Newsroom

Apple Maps, fitur Look Around

Apple Maps akhienya mendapatkan update desain baru untuk pengguna di Amerika Serikat.

Seperti yang sudah dikenalkan sebelumnya, Apple Maps versi terbaru punya beberapa perubahan yang sangat signifikan.

Yaitu navigasi yang lebih cepat dan akurat, tampilan lebih lengkap dan juga beberapa fitur baru.

Dikutip dari Apple Newsroom, Eddy Cue selaku Senior Vice President of Internet Software and Services, menjelaskan bahwa update Apple Maps dibangun untuk memudahkan para pengguna melakukan navigasi dan tetap menjaga privasi.

“It is an effort we are deeply invested in and required that we rebuild the map from the ground up to reimagine how Maps enhances people’s lives — from navigating to work or school or planning an important vacation — all with privacy at its core…"

Apple juga menambahkan bahwa Maps punya fokus pada fitur privasi.

Semua data dan fitur yang dipersonalisasi untuk pengguna, dibuat oleh Apple Maps dengan teknologi kecerdasan pada perangkat.

Maps terintegrasi secara mendalam ke sejumlah aplikasi populer dan bawaan dari perangkat Apple. Seperti Photos, Message, Calendar, Weather, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Miliaran Dollar Sudah Dikeluarkan Apple Demi Perbaikan Apple Maps

Dengan penggunaan MapKit dan MapKit JS, Apple Maps juga bisa terkoneksi dengan beragam aplikasi pihak ketiga lainnya.

Fitur baru di Apple Maps

Apa saja fitur baru di Apple Maps yang dapat dinikmati oleh pengguna di Amerika Serikat? Berikut ini daftarnya:

  • Look Around: Apple Maps untuk wilayah AS kini punya data imajiner untuk foto dengan ketinggian jalan umum yang menggunakan resolusi tinggi dan teknologi foto 3D. Tujuan dari penggunana teknologi ini adalah mengajak kamu melihat beberapa tempat populer secara mudah dan lengkap lewat Maps.
  • Collections: Punya beragam tempat favorit yang ingin dikunjungi saat liburan? Tenang, kamu bisa menggunakan fitur Collections di Maps untuk mengarsipkan daftar restoran, tempat hiburan atau lainnya. Fitur Collections juga bisa terhubung ke mode Share Extension untuk dibagikan secara cepat.
  • Favorites: Sering bepergian ke beberapa tempat khusus secara rutin? Kini Apple Maps bisa menandai tempat nongkrong favorit kamu dengan fitur Favorites.
  • Real-time transit: Bagi pengguna kendaraan umum, Apple Maps akhirnya menghadirkan teknolog Real-time transit untuk melihat beragam jadwal kendaraan umum seperti bus dan kereta. Contoh data dari Real-time transit adalah waktu kedatangan, keberangkatan, lokasi terbaru dan lain sebagainya.
  • Share ETA: Kini pengguna Apple Maps di AS bisa membagikan estimas waktu perjalanan dengan orang terdekat. Bagi kamu yang menerima catatan Share ETA, Maps akan memberikan update dengan perkiraan waktu tempuh dan saat sampai di tujuan jika terjadi penundaan secara signifikan.
  • Flight status: Kamu bisa menggunakan akses Siri untuk mendapatkan informasi seputar rencana penerbangan yang akan dilakukan. Data catatan penerbagan terhubung ke beberapa aplikasi Apple seperti Mail, Calendar atau Wallet dan bisa tersambung ke Apple Maps.
  • Indoor Maps: Apple Maps terbaru juga sudah mendukung Indoor Maps yaitu mode navigasi di dalam ruangan seperti mall dan juga airport. Kamu bisa lebih mudah mencari informasi toko favorit atau toilet dengan petunjuk lantai ruangan.
  • Siri Natural Language Guidance: Fitur ini dibuat untuk notifikasi suara yang diberikan Siri menjadi lebih natural dan mudah diikuti.
  • Flyover: Fitur ini membantu kamu melihat tampilan 3D realistik dan foto yang lengkap. Saat ini Flyover sudah tersedia pada 350 kota di Amerika Serikat.
Fitur baru untuk Apple Maps ini sudah tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat.

Apple akan memperluas dukungan fitur baru Apple Maps ke Eropa mulai tahun depan. Semoga segera mendukung Indonesia ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya