Apple Turun di Posisi Ketiga Dalam Daftar 'Most Valuable Brand' Tahun 2020

Jumat, 31 Januari 2020 | 15:50

Apple Ginza, Jepang

Lembaga riset Brand Finance beberapa waktu lalu merilis daftar brand paling berharga di tahun 2020.

Sayangnya tahun ini Apple terpaksa turun satu peringkat dari tahun lalu.

Berdasarkan Brand Finance, brand value Apple tahun ini sebesar $140.5 miliar turun 8,5 persen dari tahun sebelumnya.

Kursi nomor dua yang tahun lalu ditempati Apple sekarang diisi oleh Google yang sepanjang tahun lalu meraih hasil yang positif.

Untuk tahun ini brand value Google ditaksir mencapai $159.7 miliar juta, melonjak 11,9 persen dari tahun sebelumnya.

Brand Finance

Daftar Most Valuable Brand 2020 versi Brand Finance

Tahun ini Amazon masih ada di posisi puncak dengan nilai $220.7 miliar.

Nilai itu 17,5 persen lebih tinggi dari yang didapat Amazon tahun lalu.

Baca Juga: Ming-Chi Kuo Soroti 5 Risiko yang Dihadapi Apple Akibat Virus Corona

Walau pun masih bisa terlihat di deretan tiga besar, tapi angka yang diraih Apple ini terbilang cukup buruk.

Bahkan dari seluruh perusahaan yang ada di daftar 10 besar, Apple adalah perusahaan yang mendapatkan penurunan nilai terbesar.

Perusahaan lain yang juga mengalami penurunan adalah Microsoft dan Facebook dengan masing-masing senilai 2,1 dan 4,1 persen.

Kalau raihan tahun lalu dijadikan pembanding, nilai ini juga terlihat menurun secara siginifikan.

Brand Finance

5 besar Most Valuable Value 2019 versi Brand Finance

Tahun 2019 lalu Apple bisa mencatat brand value hingga $153,6 miliar.

Hebatnya lagi jumlah itu sekitar 5 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Artinya memang ada masalah finansial yang cukup serius dalam tubuh Apple setahun terakhir ini.

Menurunnya angka penjualan iPhone sepanjang tahun lalu diprediksi jadi faktor utamanya. (*)

Baca Juga: Dua Apple Store di Tiongkok Terpaksa Tutup Karena Virus Corona

Tag

Editor : Bagus Hernawan