Bocoran Fitur Baru iOS 14: List Homescreen, Pengaturan Wallpaper, HomeKit

Rabu, 11 Maret 2020 | 15:14

Warna iPhone 11 Pro

Setiap tahun, Apple akan merilis update iOS terbaru. Untuk tahun ini rumornya akan bernama iOS 14.

Laman 9To5Mac mengklaim bahwa mereka telah mendapatkan bocoran kode program iOS 14 dan menemukan sejumlah rencana fitur baru yang akan dikenalkan oleh Apple.

Dalam artikel ini tim MakeMac akan merangkum beberapa daftar fitur baru untuk iOS 14 yang didapatkan dari laman sumber berita. Simak langsung ya!

Homescreen List View

Bagi kamu pengguna iOS, pasti paham bahwa tampilan utama yang digunakan tidak punya perubahan signifikan sejak rilis awal.

Semuanya masih menggunakan Dock di bagian bawah dan susunan ikon di Homescreen.

Kabarnya di iOS 14 mendatang, Apple akan memberikan List View untuk Homescreen. Tampilan ini sebelumnya sudah dapat kamu gunakan di Apple Watch.

Dalam List View, Homescreen di iOS 14 bisa menggunakan pengaturan urutan sesuai nama aplikasi, daftar aplikasi yang direkomendasikan atau urut berdasarkan badge notifikasi.

Tentunya List View di Homescreen juga akan mendukung Siri Suggestion untuk membuat daftar aplikasi yang biasa dibuka atau sudah saatnya kamu akses, belajar dari kebiasaan pengguna.

Gesture

Dalam catatan sebelumnya, tim MakeMac sudah membagikan rumor iOS 14 yang akan mendukung Trackpad untuk Smart Keyboard dan juga kursor mouse untuk iPadOS 14.

Catatan terbaru dari 9To5Mac menjelaskan bahwa Apple masih terus mempersiapkan beragam gesture baru yang akan didukung iOS 14.

Daftar gesture ini dibuat sangat familiar untuk kamu yang sebelumnya sudah menggunakan komputer Mac.

Baca Juga: Bocoran iOS 14 Ungkap Kursor Mouse dan Trackpad Smart Keyboard iPad

Accessibility

Pengaturan Accessibility di iOS 14 kabarnya akan mendapatkan sejumlah peningkatan.

Salah satu yang sudah ditemukan oleh laman sumber adalah teknologi Accessibility untuk mendengarkan suara penting seperti alarm kebakaran, sirene, ketukan pintu, bel pintu, tangisan bayi dan lain sebagainya.

Suara yang berhasil dideteksi dengan pengaturan Accessibility ini akan diubah menjadi Haptic Feedback untuk membantu pengguna mendapatkan informasi tersebut.

Selanjutnya mode Accessibility di iOS 14 juga kabarnya akan mendukung fitur deteksi kamera dengan gesture tangan.

Selain itu juga ada peningkatan pengaturan Audio Accommodations untuk perbaikan audio melalui AirPods atau EarPods untuk pengguna dengan gangguan pendengaran ringan hingga sedang.

Wallpaper

Masih dari catatan 9To5Mac, kabarnya Apple akan membuat mode pengaturan Wallpaper di app Settings iOS 14 menjadi lebih rapi dan terstruktur.

Pertama yaitu merapikan daftar wallpaper bawaan menjadi beberapa folder sesuai kategorinya. Yaitu Earth & Moon”, “Flowers”, dan seterusnya.

Kedua, Apple akan memberikan dukungan aplikasi atau layanan pihak ketiga untuk terintegrasi dengan pengaturan Wallpaper.

Shot on iPhone di Photos

Masih berhubungan dengan gambar, Apple disebut akan terus menggunakan promosi “Shot on iPhone” untuk tahun ini.

Bahkan nantinya di iOS 14, Apple akan mengintegrasikan lomba #shotoniphone dengan aplikasi Photos sehingga kamu bisa langsung unggah dengan mudah.

Baca Juga: Sebuah Foto Bocorkan Kemampuan Multitasking Baru iOS 14, Benarkah?

Night Shift for HomeKit

Bagi kamu pengguna teknologi HomeKit, di iOS 14 ada sejumlah peningkatan mode otomatisasi yang sangat menarik.

Pertama adalah Night Shift for HomeKit atau pengaturan tingkat kecerahan dan warna cahaya lampu yang semakin otomatis berdasarkan waktu dan kebiasaan pengguna.

Fitur ini sebelumnya sudah ada di perangkat iPhone yang juga dikenal dengan nama yang sama, Night Shift.

Kedua, fitur HomeKit Secure Video akan semakin disempurnakan di iOS 14. Yaitu dengan fitur klasifikasi wajah dengan identifikasi objek manusia.

Fitur ini akan mendeteksi orang yang terekam dengan kamera rumah dan tehubung ke HomeKit secara lebih detail dan spesifik.

HomePod Apple TV

Bagi pengguna Apple TV dan HomePod, pasti kamu sering kesal karena koneksi audio yang harus terus dihubungkan lewat AirPlay.

Nantinya di iOS 14, HomePod dan Apple TV bisa terus diatur untuk terus terknoneksi. Sehingga kamu tidak perlu menghubungkan keduanya secara manual setiap ingin menonton film atau memutar video.

Editor : Bagus Hernawan