Penyuplai TSMC Bersiap Produksi Chip A14 Ukuran 5nm Bulan April

Kamis, 12 Maret 2020 | 10:37

iPhone 11 Pro

Penyuplai chipset untuk Apple, TSMC, kabarnya akan memulai produksi dalam jumlah besar untuk chip Apple A14.

Produksi ini kabarnya akan dilakukan mulai April 2020 mendatang.

Dikutip dari catatan DigiTimes, ukuran yang akan digunakan untuk chipset Apple A14 adalah 5nm alias lebih kecil daripada A13 (7nm+).

TSMC is set to kick off volume production of chips built using 5nm process technology in April, and has already seen the process capacity fully booked by clients, according to industry sources.

Baca Juga: Apple Minta TSMC Naikkan Produksi A13 Demi Penuhi Permintaan iPhone 11

Target produksi chipset Apple untuk perangkat iPhone memang setiap tahunnya dilakukan pada bulan April - Mei. Jadi, jadwal ini akan sesuai dengan rencana tahunan dan diharapkan tidak berubah karena wabah Coronavirus di Tiongkok.

Bagi kamu yang belum tahu, TSMC adalah penyuplai eksklusif Apple untuk chipset CPU di perangkat iPhone.

Pabrikan ini sudah memproduksi chipset untuk perangkat iPhone sejak tahun 2016 dan terus memberikan teknologi baru dalam fabrikasi ukuran chipset yang lebih kecil.

Dimulai dari chip CPU A10 dengan ukuran 16nm, A11 di 10nm, A12 di 7nm, berlanjut ke A13 dengan 7nm+ dan diharapkan di A14 dengan ukuran 5nm.

Tahun ini kabarnya Apple akan meluncurkan beberapa produk iPhone 12 series dengan CPU yang sama namun menggunakan beberapa ukuran layar.

Dari rumor yang sudah dibagikan sebelumnya, iPhone 12 kabarnya akan tersedia dalam ukuran layar 5,4 inci, 6,1 inci dan 6,7 inci. Semuanya juga disebut akan menggunakan teknologi 5G.

Tag :

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya