IGTV Segera Kebagian Fitur Iklan, Monetisasi Baru untuk Kreator

Kamis, 28 Mei 2020 | 13:13

Instagram

Instagram akhirnya semakin dekat dengan rencana memberikan tampilan iklan di konten IGTV.

Setelah setahun menjadi rumor, kabarnya dalam waktu dekat konten di IGTV akan mendapatkan tampilan iklan. Bahkan yang lebih menarik lagi, Instagram akan membagi pendapatannya dari iklan di IGTV ke konten kreator atau bisa disebut sebagai monetisasi.

Dikutip dari The Verge, tampilan iklan di IGTV baru akan tersedia mulai pekan depan.

Hal tersebut juga masih sangat terbatas untuk sekitar 200 konten kreator yang menggunakan bahasa Inggris.

Beberapa diantaranya adalah Adam Waheed dan Lele Pons.

Sedangkan merek produk yang bisa menempatkan iklan di IGTV adalah IKEA, Puma, Sephora dan lain sebagainya.

Disebutkan juga bahwa Instagram akan menggunakan sistem pembagian pendapatan standar industri digital sebesar 55% kepada kreator untuk iklan di IGTV.

Instagram will share an “industry standard” 55 percent cut with creators, Justin Osofsky, Instagram’s COO, tells The Verge. (This is also how much it shares with Facebook Watch creators.) The goal is to eventually expand this group and bring it to more creators around the world.

Baca Juga: Cara Share Apple Music ke Instagram Stories di iOS 13.5

Instagram

Sebagaitahap awal, kabarnya iklan di IGTV hanya akan tampil ketika kamu menekan tombol menonton di IGTV dari preview pada bagian feed Instagram.

Iklan akan berbentuk video vertikal dengan durasi 15 detik di bagian awal.

Justin Osofsky selaku COO di Instagram juga mengatakan bahwa iklan hanya akan tampil di akun yang dianggap cocok dengan produk atau merek tersebut.

Instagram juga akan merilis kebijakan monetisasi baru yang berbeda dengan kebijakan konten Instagram pada umumnya.

Salah satu contoh yang diberikan adalah kreator tidak boleh memberikan kata makian di kontennya jika ingin kebagian tampilan iklan dan mendapatkan uang atau bisa dimonetisasi.

Cara ini digunakan Instagram untuk menjamin bahwa iklan di IGTV hanya tampil di konten yang dianggap pantas.

Dengan menghadirkan iklan di IGTV, Instagram tampak ingin bersaing dengan YouTube yang selama ini dikenal sebagai salah satu cara monetisasi untuk kreator konten.

Selain monetisasi di IGTV, Instagram juga sedang mempersiapkan cara cari duit lainnhya di platform mereka.

Salah satunya adalah Badge di Instagram Live. Pengguna Instagram dapat membeli Badge atau tanda lencana yang bisa tampil di akunnya dan terlihat saat memberikan komentar di Feed atau Instagram Live.

Di masa awal, Instagram tidak akan memotong hasil pembelian Badge oleh para penggemar dari sebuah akun kreator konten. Namun jika fitur ini terbukti ramai digunakan, ada sistem pembagian keuntungan yang akan diberlakukan.

Dalam waktu dekat fitur Badge di Instagram Live ini akan diuji ke sejumlah pengguna terbatas.

Setelah itu diperluas ke beberapa negara. Antara lain adalah AS, Brasil, Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Turki, Spanyol, dan Meksiko.

Bagaimana pendapat kamu untuk 2 fitur baru tersebut yang sedang digarap Instagram? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya