Komputer Mac dengan Apple Silicon Tetap Mendukung Port Thunderbolt

Kamis, 09 Juli 2020 | 12:00

Apple Silicon

Di WWDC20, Apple telah mengumumkan teknologi Apple Silicon yaitu CPU buatan mereka sendiri sebagai pengganti CPU Intel.

Proses transisi dari CPU Intel ke Apple Silicone akan berjalan selama 2 tahun mendatang.

Karena Apple akan meninggalkan Intel, Apple Fanboy mulai khawatir apakah Mac akan berhenti menggunakan port Thunderbolt yang dibuat sejak beberapa tahun lalu hasil kerjasama Intel dan Apple.

Mengingat saat ini telah banyak aksesoris komputer Mac yang dibuat dengan standar Thunderbolt 3.

Salah satu yang paling baru adalah Pro Display XDR buatan Apple yaitu monitor dengan resolusi 6K yang menggunakan konektor Thunderbolt dengan bentuk port dari USB-C.

Namun kini kamu tidak perlu khawatir. Pihak Apple telah memberikan konfirmasi bahwa Mac dengan Apple Silicon akan tetap mendukung Thunderbolt.

Pernyataan tersebut diberikan kepada The Verge, berikut ini kutipannya:

“Over a decade ago, Apple partnered with Intel to design and develop Thunderbolt, and today our customers enjoy the speed and flexibility it brings to every Mac. We remain committed to the future of Thunderbolt and will support it in Macs with Apple silicon,”

Baca Juga: Apple Umumkan Transisi dari CPU Intel ke Apple Silicon untuk Mac

Sebagai tambahan, laman sumber juga mengkonfirmasi bahwa Mac Mini dengan CPU iPad Pro 2020 yang dibagikan Apple pada developer (Developer Transition Kit), saat ini hanya menggunakan standar USB-C saja alias bukan Thunderbolt 3.

Dalam catatan berbeda, Intel telah membagikan detail seputar Thunderbolt 4.

Teknologi masa depan ini akan mendukung kecepatan yang sama dengan Thunderbolt 3 yaitu 40Gbps serta bentuk konektor yang serupa, yaitu USB-C.

Kelebihan dari Thunderbolt 4 adalah peningkatan 2x lebih banyak aksesoris yang dapat terhubung secara bersamaan, fitur universal cable hingga 2 meter dan teknologi Dock lebih canggih.

Penjelasan lengkap untuk Thunderbolt 4 dapat kamu baca di artikel MakeMac ya.

Bagaimana pendapat kamu mengenai Apple yang akan tetap mendukung Thunderbolt di Mac berbasis Apple Silicon? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya