Apple Jelaskan Alasan Indikator Not Charging di macOS Catalina Terbaru

Jumat, 07 Agustus 2020 | 13:24

macOS Catalina

Apakah kamu sudah menggunakan macOS Catalina 10.15.5 dan menemukan informasi ‘Not Charging’ pada keterangan baterai padahal sedang dalam mode pengisian baterai?

Tenang, tidak perlu khawatir. Indikator ‘Not Charging’ di macOS Catalina 10.15.5 pada komputer Mac yang menggunakan Thunderbolt 3 adalah bagian dari fitur baru.

Fitur tersebut bernama Battery Health Management untuk menjaga performa baterai dengan cara memantau suhu baterai dan pola kebiasaan charging.

If your Mac notebook has Thunderbolt 3 ports and uses macOS Catalina 10.15.5 or later, you can use battery health management to help extend the life of your battery. Battery health management is designed to improve your battery’s lifespan by reducing the rate at which it chemically ages. The feature does this by monitoring your battery’s temperature history and charging patterns.

Baca Juga: iOS 14 Tambah Fitur Optimasi Pengisian Baterai untuk AirPods

Apple menjelaskan bahwa ketika fitur Battery Health Management diaktifkan, kamu akan menemukan indikator ‘Not Charging’ di bagian Battery pada Menu Bar.

Indikasi lain bahwa fitur ini sedang berjalan adalah pengisian maksimal untuk baterai akan terasa lebih sedikit daripada biasanya.

Apple menyebutkan bahwa hal ini normal dan sekaligus sebagai indikator bahwa fitur Battery Health Management berfungsi.

Komputer Mac yang menggunakan fitur Battery Health Management akan kembali dapat mengisi baterai ke 100% sesuai dengan kebutuhan dan pola charging yang dicatat oleh komputer.

Pengaturan Battery Health Management dapat kamu temukan pada System Preferences - Energy Saver - Battery Health.

Battery Health Management di macOS Catalina

Baca Juga: macOS Catalina 10.5.5 Rilis! Bawa Fitur Battery Health Management

Kamu dapat mengaktifkan atau mematikan fitur ini dengan pengaturan tanda centang di bagian Battery Health Management.

Fitur Battery Health Management hanya tersedia di komputer Mac yang menggunakan port Thunderbolt 3 dan juga macOS Catalina 10.15.5 atau lebih baru.

Tambahan

Jika kamu menemukan indikator Not Charging namun tidak berhubungan dengan fitur Battery Health Management, bisa saja hal ini terjadi karena kendala pada perangkat pengisian baterai.

Seperti penggunaan Power Adapter dan kabel yang tidak sesuai, error atau konektor ke listrik yang bermasalah. Panduan lengkap pengecekan masalah Not Charging untuk bagian ini dapat kamu simak di laman Apple Support.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya